MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENI BUDAYA SISWA KELAS VII DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL DI SMP NEGERI 5 TOLITOLI

Authors

  • Husni Teknologi Pendidikan Universitas Madako Tolitoli
  • Arham Rahim Universitas Madako Tolitoli
  • Sitti Nuralan Universitas Madako Tolitoli

Keywords:

pembelajaran berbasis digital, seni budaya, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Seni Budaya melalui penerapan pembelajaran berbasis digital di kelas VII A SMP Negeri 5 Tolitoli. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada hasil observasi awal yang menunjukkan rendahnya hasil belajar dan partisipasi siswa, dengan hanya 4 dari 16 siswa (25%) yang mencapai ketuntasan, sementara sisanya (75%) belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal. Salah satu penyebab utama kondisi ini adalah penggunaan metode ceramah yang monoton dan kurangnya media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menerapkan strategi pembelajaran berbasis digital dengan memanfaatkan platform Google Sites sebagai media penyampaian materi dan Liveworksheet sebagai lembar kerja peserta didik (LKPD) interaktif.

Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Arikunto yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas dua pertemuan yang mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data mencakup observasi, dokumentasi, dan evaluasi berupa tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Pada siklus I, hanya 6,25% siswa yang tuntas belajar, sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan hingga 100% siswa mencapai ketuntasan. Selain itu, partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran juga meningkat, yang terlihat dari hasil observasi aktivitas siswa dan keterlibatan mereka dalam diskusi maupun pengerjaan LKPD.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis digital yang mengintegrasikan Google Sites dan Liveworksheet mampu menciptakan proses belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan serta terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Seni Budaya di kelas VII A SMP Negeri 5 Tolitoli.

References

Andriyani, N., Hanafi, Y., Safitri, I. Y. B., & Hartini, S. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Lkpd Live Worksheet Untuk Meningkatkan Keaktifan Mental Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas VA SD Negeri Nogopuro. Prosiding Pendidikan Profesi Guru, September, 122–130.

Anggreaena, Ginanto, Felicia, Andiarti, Herutami, Alhapip, Iswoyo, hartini, M. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen. Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia, 123.

Arikunto, S. (2011). Prosedur PenelitianTindakan Kelas. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24.

Aulia, D., Kaspul, K., & Riefani, M. K. (2021). Google site as a learning media in the 21st century on the protists consept. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 3(3), 173–178.

Edi Kusnadi, F. N. (2024). Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Liveworksheetdalam Mengembangkan Motivasi Belajar Ppkn. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9.

García, M. C., & Ruiz, M. A. (2021). The role of interactive Digital tools in modern education: A case study of Liveworksheet. Journal of Educational Technology, 15(3), 210–220.

Harsono, B., Soesanto, & Samsudi. (2009). Perbedaan Hasil Belajar Antara Metode Ceramah Konvensional Dengan Ceramah Berbantuan Media Animasi Pada Pembelajaran Kompetensi Perakitan Dan Pemasangan Sistem Rem. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 9(2), 99.

Hoerudin, C. W., & Mustafa, K. (2022). Media pembelajaran berbasis Digital multimedia terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Insan Kamil: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 1–15.

Ismaya, R., Salshabila, S., Ariyani, I. D., & Digital, M. P. (2024). MEDIA DIGITAL. 7, 13779–13785.

Kajin, S. (2018). engaruh Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif di MTs N Mojosari dan MTs N Sooko Mojokerto. PROGRESSA: Journal of Islamic Religious Instruction, 2(1), 133–142. https://doi.org/10.32616/pgr.v2.1.119.133-142

Khumar, K. (2024). REPORT:" IMPACT OF DIGITAL LEARNING TOOLS ON STUDENT ENGAGEMENT AND ACADEMIC PERFORMANCE". Modern Education and Development, 17(1), 6–8.

Mardatillah, A., Putri, H., Nadia, N., Tanjung, N. K., & Ungu, E. S. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(22), 98–105.

Mariyah, Y., Budiman, A., Rohayani, H., & Audina, W. (2021). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan Media Audio Visual: Studi Eksperimen Dalam Pembelajaran Tari. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(2), 959–967.

Maskar, S., Puspaningtyas, N. D., Fatimah, C., & Mauliya, I. (2021). Catatan Daring Matematika: Pelatihan Pemanfaatan Google Site Sebagai Media Pembelajaran Daring. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 487–493.

Mukti, W. M., & Anggraeni, Z. D. (2020). Media pembelajaran fisika berbasis web menggunakan Google sites pada materi listrik statis. FKIP E-Proceeding, 5(1), 51–59.

Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Studi pengaruh daring learning terhadap hasil belajar matematika kelas iv. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 265–276.

Nugroho, M. K. C., & Hendrastomo, G. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Google sites Pada Mata Pelajasan Sosiologi Kelas X. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 12(2), 59–70.

Nurjannah, N., & Khatimah, H. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata pelajaran Sejarah Siswa melalui Model Pembelajaran Example dan Non Example pada Siswa SMA. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 3(1), 36–41. https://doi.org/10.54371/ainj.v3i1.112

Putri, N. K. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google sites Materi Lampung. J-Psh, 12(2), 59–70.

Rosiyana, R. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Google sites Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Jarak Jauh Siswa Kelas Vii Smp Islam Asy-Syuhada Kota Bogor. Jurnal Ilmiah KORPUS, 5(2), 217–226. https://doi.org/10.33369/jik.v5i2.13903

Sugiantara, I. P., Listarni, N. M., & Pratama, K. (2024). Urgensi Pengembangan Media Pembelajaran Lingkaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Literasi Digital, 4(1), 73–80. https://doi.org/10.54065/jld.4.1.2024.448

Yulianti, V., & Novtiar, C. (2023). Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Google sites dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa Pada Pembelajaran Materi Penyajian Data. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(5), 2035–2044. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i5.17582

Yusro, A. C., & Ardania, R. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Model PjBL dengan Media Kartu. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS), 4(1), 1–9. https://doi.org/10.37729/jips.v4i1.3109

Downloads

Published

2025-05-18

How to Cite

Husni, Rahim, A., & Nuralan, S. (2025). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENI BUDAYA SISWA KELAS VII DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL DI SMP NEGERI 5 TOLITOLI. Jurnal Teknologi Pendidikan Madako, 4(1), 1–12. Retrieved from https://ojs.fkip.umada.ac.id/index.php/jtpm/article/view/311