PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 LAKEA (SATAP)
Keywords:
Video Pembelajaran, Hasil Belajar, InformatikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan penggunaan video dalam pembelajaran Informatika di kelas VIII SMP Negeri 2 (Satap). Berdasarkan hasil praobservasi, diketahui bahwa tingkat ketuntasan siswa kelas VIII Presentase ketuntasan klasikal sebelum dilakukan tindakan yaitu 62,1% dari 29 siswa hanya 18 yang tuntas dan 11 lainnya tidak tuntas. Penelitian ini juga bertujuan menganalisis bagaimana penerapan video pembelajaran serta untuk mengukur seberapa baik hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan metode ini. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri atas dua pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi terhadap kegiatan pembelajaran siswa di dalam kelas, tes disetiap akhir siklus untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 29 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada hasil belajar siswa setelah menggunakan media video. Presentase ketuntasan klasikal sebelum dilakukan tindakan yaitu 62,1% setelah diberi tindakan pada siklus 1 meningkat menjadi 72,41% dan disiklus 2 menjadi 86,20%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Informatika di SMP Negeri 2 Lakea (Satap).
References
Abdulah, S., Hulukati, E., Nurwan, N., Ismail, Y., & Zakiyah, S. (2023). Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Materi Statistika Dengan Media Pembelajaran Video Interaktif Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 4 Limboto. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 9(1), 15–28. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v9i1.6665
Aliyyah, R. R., Amini, A., Subasman, I., Herawati, E., & Febiantina, S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Penggunaan Media Video Pembelajaran. Jurnal Sosial Humaniora, 12(1), 54–70.
Arikunto, S. (2011). Prosedur PenelitianTindakan Kelas. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24.
Azizah, A. N., & Wardani, N. S. (2019). Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Project Based Learning. Aninda Nurul, 2(1), 194–204.
Banamtuan, M., Baun, S., & Saetban, S. (2022). Prestasi Belajar Anak Petani. Discreet: Journal Didache of Christian Education, 2(1), 22–30. https://doi.org/10.52960/jd.v2i1.90
Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenudin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel Ipa Di Min Kroya Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1), 116–137. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i1.584
Ekonomi, J., Setyawan, R., Handayani, A. N., & Widodo, B. A. (2023). PEMBUATAN MEDIA AJAR INTERAKTIF SEBAGAI BENTUK SISWA SMP. 3(12). https://doi.org/10.17977/um066.v3.i12.2023.5
Hakim, M. N., Suparman, Herdiana, B., & Etik. (2021). Penggunaan Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Arus Jurnal Sosial Dan Humaniora, 1(2), 39–44. https://doi.org/10.57250/ajsh.v1i2.11
Izzudin, A. M., & Suharmanto, A. (2013). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Video Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Praktik Service Engine Dan Komponen-Komponennya. Journal Unnes, 2(2), 1–8.
Kemdikbud. (2010). Direktorat Pembinaan SMA : Petunjuk Teknis Penetapan KKM. 1–12.
Mulia, A. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 545–555.
Rahmi, H., Derta, S., Zakir, S., & Efriyanti, L. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Digital Mata Pelajaran Informatika Kelas Vii Smp N 7 Bukittinggi. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 7(1), 707–711. https://doi.org/10.36040/jati.v7i1.6502
Ratnasari, A. D., Wahyudi, W., & Permana, I. (2022). Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(3), 261–266. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p261-266
Somayana, W. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode PAKEM. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(03), 283–294. https://doi.org/10.59141/japendi.v1i03.33
Yulianto, A., Yulianto, S., & Hidayanto, E. (2022). Pembelajaran Matematika Berbantuan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 403–414. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i3.731
Yunda Assyuro Hanun, & Akhmad Asyari. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Global Education Trends, 1(2), 47–55. https://doi.org/10.61798/get.v1i2.43
Abdulah, S., Hulukati, E., Nurwan, N., Ismail, Y., & Zakiyah, S. (2023). Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Materi Statistika Dengan Media Pembelajaran Video Interaktif Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 4 Limboto. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 9(1), 15–28. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v9i1.6665
Aliyyah, R. R., Amini, A., Subasman, I., Herawati, E., & Febiantina, S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Penggunaan Media Video Pembelajaran. Jurnal Sosial Humaniora, 12(1), 54–70.
Arikunto, S. (2011). Prosedur PenelitianTindakan Kelas. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24.
Azizah, A. N., & Wardani, N. S. (2019). Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Project Based Learning. Aninda Nurul, 2(1), 194–204.
Banamtuan, M., Baun, S., & Saetban, S. (2022). Prestasi Belajar Anak Petani. Discreet: Journal Didache of Christian Education, 2(1), 22–30. https://doi.org/10.52960/jd.v2i1.90
Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenudin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel Ipa Di Min Kroya Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1), 116–137. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i1.584
Ekonomi, J., Setyawan, R., Handayani, A. N., & Widodo, B. A. (2023). Pembuatan Media Ajar Interaktif Sebagai Bentuk Siswa Smp. 3(12). https://doi.org/10.17977/um066.v3.i12.2023.5
Hakim, M. N., Suparman, Herdiana, B., & Etik. (2021). Penggunaan Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Arus Jurnal Sosial Dan Humaniora, 1(2), 39–44. https://doi.org/10.57250/ajsh.v1i2.11
Izzudin, A. M., & Suharmanto, A. (2013). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Video Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Praktik Service Engine Dan Komponen-Komponennya. Journal Unnes, 2(2), 1–8.
Kemdikbud. (2010). Direktorat Pembinaan SMA : Petunjuk Teknis Penetapan KKM. 1–12.
Mulia, A. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 545–555.
Rahmi, H., Derta, S., Zakir, S., & Efriyanti, L. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Digital Mata Pelajaran Informatika Kelas Vii Smp N 7 Bukittinggi. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 7(1), 707–711. https://doi.org/10.36040/jati.v7i1.6502
Ratnasari, A. D., Wahyudi, W., & Permana, I. (2022). Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(3), 261–266. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p261-266
Somayana, W. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode PAKEM. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(03), 283–294. https://doi.org/10.59141/japendi.v1i03.33
Yulianto, A., Yulianto, S., & Hidayanto, E. (2022). Pembelajaran Matematika Berbantuan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 403–414. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i3.731
Yunda Assyuro Hanun, & Akhmad Asyari. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Global Education Trends, 1(2), 47–55. https://doi.org/10.61798/get.v1i2.43