PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 1 TOLITOLI
Keywords:
Mutu pembelajaran, Mutu pembelajaran, Peran kepala sekolah.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMP Negeri 1 Tolitoli. Pembelajaran ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian terdiri atas kepala sekolah, beberapa guru dari berbagai mata pelajaran, serta perwakilan siswa, untuk mendapatkan gambaran yang menyeluruh terkait praktik kepemimpinan kepala sekolah dalam konteks peningkatan mutu pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepala sekolah memiliki peran yang strategis dan aktif dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Hal ini terlihat dari upaya yang di lakukan seperti mengadakan evaluasi rutin dalam bentuk rapat mingguan dengan dewan guru, melaksanakan supervisi pembelajaran secara berkala, menyediakan sarana dan prasarana penunjang, serta mendorong pemberdayan guru melalui pelatihan dan kegiatan komunitas belajar. Proses pembelajaran disekolah berlangsung secara terencana dan efektif, dengan keterlibatan aktif guru serta dukungan kepemimpinan yang visioner. Namun demikian, penelitian juga menemukan beberapa kendala yang dihadapi sekolah, seperti permasalahan dalam manajemen pembelajaran, rendahnya partisipasi dan kedisiplinan siswa, serta keterbatasan dalam pemanfaatan media pembelajaran berbasi teknologi. Meskipun demikian, kepala sekolah terus berupaya melakukan perbaikan secara berkelanjutan melalui strtegi yang efektif dan partisipasi. Kesimpulannya, kepemimpinan kepala sekolah berperan sangat penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, membangun kolaborasi antarpihak serta meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran di sekolah.
References
Hidayat, Rahmat, and Henni Syafriana Nasution. 2016. “Filsafat Pendidikan Islam: Membangun Konsep Dasar Pendidikan Islam.”
Hoy, Wayne K., and Cecil G. Miskel. 1991. “Educational Administration: Theory, Research, and Practice.” (No Title).
Huda, Mohamad Nurul. 2004.” Why We Need the Journal of Interactive Advertising 10(10):349–83.
Joko Subagyo. 2018. “Analisis Tari Tradisi Zapin Maharani Di Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau.”
Junaedi Ifan. 2019. “Proses Pembelajaran Yang Efektif.”Jisamar VOL.3 NO.(2):1625.
Miles & Huberman. 2022. “Peran Kepala Sekolah Dalam Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah Di SMA Negeri 1 Ulugawo.” Curve Elasticity: Jurnal Pendidikan Ekonomi 3(2):13–23.
Miles dan Huberman. 2016. “Metode Penelitian Kualitatif Dalam Bidang Bimbingan Dan Konseling.” Jurnal Fokus Konseling 2(2).
Moleong, LJ. 2006. “Metode Penelitian.” Raden Fatah.Ac.Id 1–23.
Mulyasa. 2013. “Upaya Dan Tantangan Kepala Sekolah PAUD Dalam Mengembangkan Lembaga Dan Memotivasi Guru Untuk Mengikuti Program Sekolah Penggerak.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(5):4239–54.
Mulyasa, Enco. 2007. “Menjadi Kepala Sekolah Profesional.” Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, H. Enco. 2022. Manajemen Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bumi Aksara.
Mulyasa, H. Enco. 2022. Manajemen Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bumi Aksara.
Nababan, Holong Saor. 2023. “BAB 3 TUJUAN DAN FUNGSI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL.” Pendidikan Multikultural 28.
Priatmoko, Sigit. 2018. “Strategi Implementasi Pembelajaran Inklusif Gender Di Madrasah Ibtidaâ€TM Iyah.” Pp. 244–57 in PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education. Vol. 3.
Purwanto. 2019. “Peranan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Edification Journal: Pendidikan Agama Islam 1(1):119–25.
Prastiyono, Dini Rahmawati, and Arri Handayani. 2024. “Jurnal Pendidikan : PENGARUH motivasi belajar dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa kelas xi di smk pgri 2 kota pasuruan.” Jurnal pendidikan : seroja 3(2):99–105.
Said, Akhmad. 2019. “Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Melestarikan Budaya Mutu Sekolah.” EVALUASI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3(1):257–73.
Sallis. 2012. “Pengaruh Kinerja Kepala Sekolah Dan Kinerja Guru Terhadap Mutu Pembelajaran Pada Smk Sekabupaten Purwakarta.” Jurnal Administrasi Pendidikan 9(1):86–92.
Sanjaya, Dr H. Wina. 2006. “Strategi Pembelajaran Berorentasi Standar Proses Pendidikan.”
Sastrawan, Ketut Bali. 2016. “Profesionalisme Guru Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran.” Jurnal Penjaminan Mutu 2(02):65–73.
Sergiovanni. 2013. “Pembinaan Profesionalisme Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran.” Manajemen Pendidikan 24(1):9–20.
Sudjana. 2011. “Optimalisasi Keterampilan Mengajar Guru Melalui Supervisi Klinis Kepala Sekolah Pendekatan Kolaboratif Era Merdeka Belajar.” ARSEN: Jurnal Penelitian Pendidikan 1(1):39–49.
Sudjana, Nana. 2010. “Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.”
Susanti, Santi, Bukman Lian, and Yenny Puspita. 2020. “Implementasi Strategi Kepala Sekolah Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan Tambusai 4(2):1644–57.
Suyanto, Winardi, and Samidjo Samidjo. 2016. “Pengaruh Manajemen Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru, Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Efektivitas Kerja Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Kledung Kabupaten Temanggung.” Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan 4(1):54–62.
Sallis, (2023. 2023. Manajemen Pendidikan Mutu Terpadu.
Ulum, Miftahul. 2020. “Kebijakan Standar Nasional Pendidikan.” Syaikhuna: Jurnal Pendidikan Dan Pranata Islam 11(1):105–16.
Wahjosumidjo. 2013. “Kepemimpinan Dalam Pendidikan Islam.” Insania: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan 18(1):95–116.Al., Sartika et al. 2023. “Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Digital.” Jurnal Basicedu 7(1):603–11. doi: 10.31004/basicedu.v7i1.4653.