PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR INFORMATIKA DI TENGAH KETERBATASAN SARANA DAN PRASARANA DI MTs ALKHAIRAAT GINUNGGUNG

Authors

  • Adiba Annisa Teknologi Pendidikan Universitas Madako Tolitoli
  • Saugadi Universitas Madako Tolitoli
  • Sitti Nuralan Universitas Madako Tolitoli

Keywords:

Peran guru, motivasi belajar,, keterbatasan sarana dan prasarana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi dan peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran informatika di tengah keterbatasan saran dan prasarana pada kelas VIII di MTs Alkhairaat Ginunggung. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif Tiga tehnik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil Penelitian yang dilakukan yaitu guru  peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di tengah keterbatasan sarana dan prasarana yaitu peran guru sebagai motivator,dengan menggunakan strategi memberikan dorongan dan motivasi kepada siswa melalui kata-kata inspiratif, serta reward/penghargaan sebagai pengakuan atas usaha siswa. Kemudian Peran guru sebagai Inovator guru menerapkan strategi dengan metode yang variatif diantaranya yaitu games , mengaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari hari siswa serta belajar secara kelompok untuk mengatasi keterbatasan sarana dan prasarana. Kemudian peran guru sebagai Fasilitator guru menggunakan metode diskusi kelompok untuk mengatasi keterbatasan sarana dan prasarana dikarenakan buku yang terbatas. Secara keseluruhan, peran guru di MTs Alkhairaat Ginunggung dalam meningkatkan motivasi belajar informatika di tengah keterbatasan sarana dan prasarana sudah sangat baik.

Kata Kunci: Peran guru, motivasi belajar, keterbatasan sarana dan prasarana.

References

Abdullah, A. A., Ahid, N., Fawzi, T., & Muhtadin, M. A. (2023). Peran Guru dalam Pengembangan Kurikulum Pembelajaran. Tsaqofah, 3(1), 23–38. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v3i1.732

Alhudri, Said; Heriyanto, M. (2022). Pengaruh penerapan ice breaking terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa kelas XI di SMK Wira Harapan. Indonesian Journal of Education Development, 3(2), 240–247. https://doi. org/10.5281/zenodo.7032283

Alia Yashak, Mohamad Syafiq Ya Shak, Mohd Haniff Mohd Tahir, Dianna Suzieanna Mohamad Shah, & Mohd Faisal Mohamed. (2020). Herzberg Two-Factor Theory’s Motivation Factor and the Islamic Studies Teachers Motivation Level. Sains Insani, 5(2), 65–74. https://sainsinsani. usim. edu. my/index.php/sainsinsani/article/view/192/147

ANANDA MUHAMAD TRI UTAMA. (2022). No Analisis struktur ko-sebaran indikator terkait kesehatan, pusat rasa sehat subjek, dan lansia yang tinggal di rumah.Title. 9(4), 356–363.

Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi. org/10.61104/ihsan.v1i2.57

Budur, T. A. dan. (2019). Resume: instrumen pengumpulan data. Ekonomi Islam, 1, 1–20.

Bunga Nabilah, Supratman Zakir, Eny Murtiyastuti, & Ramadhanu Istahara Mubaraq. (2023). Analisis Penerapan Mata Pelajaran Informatika dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Tingkat SMP. PIJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), 110–119. https://doi.org/10.58540/pijar.v1i1.97

Damanik, R. (2020). Rabukit Damanik. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan, 6(1), 29–34.

Fahrudin, F., & Ulfah, M. (2023). Volume 2 Nomor 6 Juni 2023 PERANAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2, 1304–1309. https://jmi.rivierapublishing. id/index.php/rp

Hanaris, F. (2023). Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa: Strategi Dan Pendekatan Yang Efektif. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Psikologi, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.61397/jkpp.v1i1.9

Hoerudin, C. W. (2022). Upaya Guru Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Al-Amar (JAA), 3(1), 32–41.

Jainiyah, J., Fahrudin, F., Ismiasih, I., & Ulfah, M. (2023). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6), 1304–1309. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i6.284

Linarsih, A., & Yuniarni, D. (2022). Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan. 11(1), 52–64.

Mairisiska, T., & Kusmiarti. (2023). Pendidikan literasi (A. Asari (ed.); pertama). PT mafy media literasi indonesia.

Maryati, E., Sholeh, M., Saputra, M. R., Viqri, D., Simarmata, D. E., Yunizha, T. D., & Syafitr, A. (2024). Analisis Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Kelas. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(2), 165–170. https://doi.org/10. 54371/jiepp.v4i2.408

Mustofa, M. B., Wuryan, S., & Meilani, F. (2021). Komunikasi Verbal Dan Non Verbal Pustakawan Dan Pemustaka Dalam Perspektif Komunikasi Islam. At-Tanzir: Jurnal Ilmiah Prodi Komunikasi Penyiaran Islam, 22. https://doi.org/10.47498/tanzir.v12i1.510

Nurhasana, S., Jayadi, A., Sadiya, R., & Syafrimen. (2019). strategi pembelajaran ( aiscna rainy Sdphe (ed.); pertama). edu pustaka.

Nurrawi, A. E. P., Zahra, A. T., Aulia, D., Greis, G., & Mubarok, S. (2023). Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 29–38. https://doi. org/10. 31980/plusminus.v3i1.1220

Purwanto, E. S. (2015). Strategi pembeajaran. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 3(April), 1–139. https://repository. penerbiteureka.com/id/publications/349478/strategi-pembelajaran

Rahmayani, V., & Amalia, R. (2020). Strategi Peningkatan Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas. Journal on Teacher Education, 2(1), 18–24. https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.901

Ramdani, N. G., Fauziyyah, N., Fuadah, R., Rudiyono, S., Septiyaningrum, Y. A., Salamatussa’adah, N., & Hayani, A. (2023). Definisi Dan Teori Pendekatan, Strategi, Dan Metode Pembelajaran. Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation, 2(1), 20. https://doi. org/10.21927/ijeeti. 2023.2(1).20-31

Rasmuin, R., & Fiana, F. (2020). Pengaruh Sarana dan Prasarana Belajar di Sekolah terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa SMP di Kecamatan Wangi-Wangi. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 5(20), 124–130. https://doi.org/10.55340/japm.v5i2.183

Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Rubiana, E. P., & Dadi, D. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Ipa Siswa Smp Berbasis Pesantren. Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 12. https://doi.org/10.25157/jpb.v8i2.4376

Ujud, S., Nur, T. D., Yusuf, Y., Saibi, N., & Ramli, M. R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma Negeri 10 Kota Ternate Kelas X Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Bioedukasi, 6(2), 337–347. https://doi. org/10. 33387/bioedu.v6i2.7305

Walukow, M. R., Tambingon, H. N., & Rotty, V. N. J. (2022). Pergeseran Paradigma Pembelajaran Informatika di Sekolah. Pergeseran Paradigma Pembelajaran Informatika Di Sekolah, 4(5), 5411–5420. https://journal. universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/7517/5650

Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia, 4(1), 41–47. https://doi. org/10.36088/fondatia. v4i1.515

Yogi Fernando, Popi Andriani, & Hidayani Syam. (2024). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 61–68. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.843

Downloads

Published

2025-05-18

How to Cite

Annisa, A., Saugadi, & Nuralan, S. (2025). PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR INFORMATIKA DI TENGAH KETERBATASAN SARANA DAN PRASARANA DI MTs ALKHAIRAAT GINUNGGUNG. Jurnal Teknologi Pendidikan Madako, 4(1), 21–28. Retrieved from https://ojs.fkip.umada.ac.id/index.php/jtpm/article/view/305