PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID DARI POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA DI UNIVERSITAS MADAKO TOLITOLI
Keywords:
Aplikasi Pembelajaran, Android, Kemandirian BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran berbasis Android yang menggunakan Powerpoint dan Ispring suite berupa produk yang praktis dan efektif untuk mahasiswa semester 4 prodi budidaya perairan fakultas perikanan pada matakuliah rancangan percobaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) yang menggunakan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Metode pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumntasi. Analisis data dilakukan secara kuatitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis Android yang dikembangkan memenuhi persyaratan kelayakan valid dan praktis. Hasil analisis uji kelayakan ahli media memperoleh skor penilaian rata-rata 4 dan dianggap sebagai "sangat valid"; analisis tanggapan dosen memperoleh skor penilaian rata-rata 3,92 dan dianggap sebagai "sangat praktis"; dan hasil analisis tanggapan mahasiswa memperoleh skor penilaian rata-rata 4,38 dan dianggap sebagai "sangat praktis". Hasil menunjukkan bahwa aplikasi pembelajaran berbasis Android ini dapat membantu siswa belajar.
References
Aftiani, R. Y., Khairinal, K., & Suratno, S. (2020). Pengembangan media pembelajaran e-book berbasis flip pdf professional untuk meningkatkan kemandirian belajar dan minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IIS 1 SMA Negeri 2 Kota Sungai Penuh. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 458–470.
Gulo, S., & Harefa, A. O. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 291–299. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.40
Karesina, D. M., Pulung, R., & Alfons, A. (2022). Pemanfataan Media Pembelajaran Berbasis IT dalam meningkatkan Kemandirian Belajar siswa di era digital. DIDAXEI, 3(2), 377–393.
Nathanael, B. A., & Februariyanti, H. (2023). Analisa Dan Pengembangan Sistem Pembelajaran Mahasiswa Magang Pada PT. Poca Jaringan Solusi Berbasis Android. INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 6(1), 125–132.
Nufninu, Y., Dominikus, W. S., & Rimo, I. H. E. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Menggunakan Power Point Dan I-Spring Pada Materi Garis Dan Sudut Untuk Siswa SMP Kelas VII. Fraktal: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 17–28. https://doi.org/10.35508/fractal.v2i2.5640
Saleh, M. S., Syahruddin, S., Saleh, M. S., Azis, I., & Sahabuddin, S. (2023). Media pembelajaran.
Saputra, R. Y. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 13(1), 48–59.
Widiadi, A. N. (2016). Pengembangan Aplikasi Ruang Kuliah Android (Arka) Untuk Matakuliah Penelitian Pendidikan Sejarah. Jurnal Pendidikan Dan Sejarah, 10(1), 111.
Widyatama, A., & Pratama, F. W. (2022). Pengembangan Mobile Learning PINTHIR Berbasis Android sebagai Sumber Belajar dan Sarana Mengerjakan Soal Trigonometri SMA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 25–36.
Aftiani, R. Y., Khairinal, K., & Suratno, S. (2020). Pengembangan media pembelajaran e-book berbasis flip pdf professional untuk meningkatkan kemandirian belajar dan minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IIS 1 SMA Negeri 2 Kota Sungai Penuh. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 458–470.
Gulo, S., & Harefa, A. O. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 291–299. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.40
Karesina, D. M., Pulung, R., & Alfons, A. (2022). Pemanfataan Media Pembelajaran Berbasis IT dalam meningkatkan Kemandirian Belajar siswa di era digital. DIDAXEI, 3(2), 377–393.
Nathanael, B. A., & Februariyanti, H. (2023). Analisa Dan Pengembangan Sistem Pembelajaran Mahasiswa Magang Pada PT. Poca Jaringan Solusi Berbasis Android. INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 6(1), 125–132.
Nufninu, Y., Dominikus, W. S., & Rimo, I. H. E. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Menggunakan Power Point Dan I-Spring Pada Materi Garis Dan Sudut Untuk Siswa SMP Kelas VII. Fraktal: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 17–28. https://doi.org/10.35508/fractal.v2i2.5640
Saleh, M. S., Syahruddin, S., Saleh, M. S., Azis, I., & Sahabuddin, S. (2023). Media pembelajaran.
Saputra, R. Y. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 13(1), 48–59.
Widiadi, A. N. (2016). Pengembangan Aplikasi Ruang Kuliah Android (Arka) Untuk Matakuliah Penelitian Pendidikan Sejarah. Jurnal Pendidikan Dan Sejarah, 10(1), 111.
Widyatama, A., & Pratama, F. W. (2022). Pengembangan Mobile Learning PINTHIR Berbasis Android sebagai Sumber Belajar dan Sarana Mengerjakan Soal Trigonometri SMA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 25–36.