WEBSITE QUIZIZZ DALAM MENGEVALUASI HASIL BELAJAR KONTEKS KOGNITIF DAN AFEKTIF PADA PELAJARAN MATEMATIKA (STUDI KASUS DI MA ALKHAIRAAT KALANGKANGAN)

Authors

  • Dewi Safitri Teknologi Pendidikan Universitas Madako Tolitoli
  • Hasia Marto Badan Riset dan Inovasi Daerah Kabupaten Tolitoli
  • Sitti Nuralan Universitas Madako Tolitoli

Keywords:

Quizizz, Kognitif dan Afektif, Matematika..

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif penggunaan website Quizizz untuk menilai hasil belajar siswa di MA Alkhairaat Kalangkangan dalam konteks pembelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan untuk mengumpulkan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Seorang guru matematika dan lima siswa kelas X A yang menggunakan Quizizz untuk mengevaluasi pelajaran sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa website Quizizz dengan fitur paper mode efektif dalam mengevaluasi aspek kognitif terutama  karena kemampuan website  Quizizz untuk memberikan umpan balik dan analisis jawaban siswa secara real-time, sistem penilaian otomatis membantu guru mempercepat proses evaluasi dan  pada konteks afektif, website Quizizz membantu menigkatkan motivasi, partisipasi, dan keaktifan siswa dan mengurangi kecemasan  selama evaluasi berlangsung dan  Kelas menjadi lebih menarik dan interaktif. Penelitian ini menemukan bahwa website Quizizz adalah alat evaluasi yang inovatif yang dapat menggabungkan penilaian kognitif dengan pengembangan aspek afektif siswa. Hasil ini memberikan saran praktis bagi guru dan sekolah tentang bagaimana menggunakan teknologi untuk menilai pembelajaran, terutama di lingkungan di mana ponsel dibatasi. Selain itu, penelitian ini meningkatkan pemahaman tentang penggunaan teknologi untuk menilai pembelajaran.

References

Aditiyawarman, M. A., Sondang, M., Hanifah, L., & Kusumayati, L. D. (2022). Penggunaan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Untuk Melaksanakan Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Penelitian, 7(1), 24–36. https://doi.org/10.46491/jp.v7i1.840

Afifah, D. N., & Hasanudin, C. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Keterampilan Menulis di Perguruan Tinggi. Jubah Raja …, 2(April 2023), 63–73. https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JR/article/view/3306

Agung Setiawan. (2019). Implementasi Media Game Edukasi Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Kelas X Ipa 7 Sma Negeri 15 Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Seminar Nasional Edusainstek FMIPA UNIMUS 2019, 2685–5852, 167–173.

Akmalia, R., Oktapia, D., Hasibuan, E. E., Hasibuan, I. T., Azzahra, N., & Harahap, T. S. A. (2023). Pentingnya Evaluasi Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 4089–4092. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/11661/8945

Albi Anggito, J. S. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher). https://books.google.co.id/books?id=59V8DwAAQBAJ

Amma, T., Komariyah, S., & Bahrudin, A. (2024). Perencanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Pai dalam Kajian Teori Belajar Kognitif. CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman, 10(1), 1–18.

Asiah, A., & Vitriani, V. (2024). Pemanfaatan Quizizz Dalam Penilaian Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri 15 Pekanbaru. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(2), 13–23. https://doi.org/10.62383/edukasi.v1i2.69

Asrul, Ananda, R., & Rosinta. (2014). Evaluasi Pembajalaran. In Ciptapustaka Media.

Assessment for learning: An action guide for school leaders. (2022). Assessment Training Institute.

Azzahro, T. A., & Subekti, F. E. (2022). Systematic Literature Review : Efektivitas Penggunaan Media Evaluasi Digital dalam Pembelajaran Matematika. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 8(2), 207–213. https://doi.org/10.35569/biormatika.v8i2.1331

Clarisa, G., Danawan, A., Muslim, M., & Wijaya, A. F. C. (2020). Penerapan Flipped Classroom dalam Konteks ESD untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Membangun Sustainability Awareness Siswa. Journal of Natural Science and Integration, 3(1), 13–25.

Firdaus, I., & Wathon, A. (2020). Penerapan Metode Eksperimen Mencampur Warna Dalam Mengembangkan Kognitif Anak Kelompok B Di Ra As-Sholeh. Sistim Informasi Manajemen, 3(2), 156–174.

Harahap, N. (2020). Penelitian kualitatif. Wal ashri publishing.

Hasanah, N., Darwisa, D., & Zuhriyah, I. A. (2023). Analisis Strategi Guru Dalam Mengembangkan Ranah Afektif Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Academy of Education Journal, 14(2), 635–648.

Jamun, Y. M. (2018). Dampak teknologi terhadap pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10(1), 48–52.

Kurniawati, W. (2022). Primary : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Volume 11 Nomor 3 Juni 2022 the Effectiveness of Using Quizizz for Learning Assessment Primary : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Volume 11 Nomor 3 Juni 2022. 11, 915–927.

Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303

Maulyda, M. A., Rosyidah, A. N. K., Apsari, R. A., FR, A. F. U., & Witono, A. H. (2020). Penggunaan Website Quizizz Untuk Mengevaluasi Hasil Belajar Calon Guru Sekolah Dasar. Fundamental Pendidikan Dasar, 3(2), 139–144.

Ni’matuzahroh, S., & Prasetyaningrum, S. (2018). Observasi: teori dan aplikasi dalam psikologi (Vol. 1). UMMPress.

Noor, S. (2020). Penggunaan Quizizz dalam penilaian pembelajaran pada materi ruang lingkup Biologi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X.6 SMA 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati, 6(1), 1–7.

Nuryati, N., Subadi, T., Muhibbin, A., Murtiyasa, B., & Sumardi, S. (2022). Pembelajaran statistik matematika berbantuan website google sites (Quizizz) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2486–2494.

Paputungan, E., & Paputungan, F. (2023). Pendekatan dan Fungsi Afektif dalam proses pemblajaran. Journal of Education and Culture (JEaC), 3(1), 57–65.

Rahmawati, D. N., Nisa, A. F., Astuti, D., Fajariyani, F., & Suliyanti, S. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz sebagai Media Penilaian Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(1), 55–66. https://doi.org/10.35878/guru.v2i1.335

Romadanti, L. (2023). Evolusi Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, Vol. 3(5), 239.

Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, 4(2), 163–172. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605

Saputri, H. A., & Prastowo, A. (2024). Analisis Penggunaan Quizizz Sebagai Media Berbasis Website Untuk Evaluasi Kognitif Pada Pembelajaran Di. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 11(1), 62–71.

Setiawati, U. (n.d.). KERANGKA BERFIKIR.

Soulisa, I., Supratman, M., Rosfiani, O., Renaldi, R., Sopiah, Utomo, W. T., Hermawan, C. M., Ariati, C., Riyanti, A., Tauran, S. F., Irwanto, Astiswijaya, N., & Yenni, A. S. (2022). Evaluasi Pembelajaran. In Widina bhakti persada bandung (Vol. 5, Issue 3).

Ujud, S., Nur, T. D., Yusuf, Y., Saibi, N., & Ramli, M. R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma Negeri 10 Kota Ternate Kelas X Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Bioedukasi, 6(2), 337–347. https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.7305

Yudawisastra, H. G., Harinie, L. T., Wau, A., Martins, L. V, Pesiwarissa, L. F., Sari, D. F., Hurdawaty, R., Nugroho, H. S., Kumagaya, J. P., & Safarida, N. (2023). METODOLOGI PENELITIAN. CV. Intelektual Manifes Media. https://books.google.co.id/books?id=bbfpEAAAQBAJ

Downloads

Published

2025-05-18

How to Cite

Safitri, D., Marto, H., & Nuralan, S. (2025). WEBSITE QUIZIZZ DALAM MENGEVALUASI HASIL BELAJAR KONTEKS KOGNITIF DAN AFEKTIF PADA PELAJARAN MATEMATIKA (STUDI KASUS DI MA ALKHAIRAAT KALANGKANGAN). Jurnal Teknologi Pendidikan Madako, 4(1), 37–43. Retrieved from https://ojs.fkip.umada.ac.id/index.php/jtpm/article/view/294