EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DARING PASCA COVID 19 DI UNIVERSITAS MADAKO TOLITOLI

Authors

  • Ikbal Universitas Madako Tolitoli
  • Theopilus C. Motoh Universitas Madako Tolitoli

Keywords:

efektifitas, pembelajaran daring, pasca Covid 19

Abstract

Penelitian dilatar belakangi adanya pembelajaran daring yang di lakukan di universitas madako tolitoli dan utntuk mengetahui apakah pembelajaran yang di lakukan berjalan degan efektif atau tidak efektif. Rumusan masalah penelitian ini, Bagaimana Efektifitas Pembelajaran Daring Pasca Covid 19 Di Universitas Madako Tolitoli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  untuk mengetahui Efektifitas Pembelajaran Daring Pasca Covid 19 Universitas Madako Tolitoli.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, Penelitian ini dilaksanakan Universitas Madako Toli Toli Progaram Studi Sekolah Dasar, yang terletak di Jln. Madako Tolitoli Kel. Tambun. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan juni sampai bulan agustus 2023. satu orang dosen dan tiga orang mahasiswa di kampus Universitas Madako Tolitoli, metode penelitian observasi,wawancara,dokumentasi Tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah untuk mengetahui Efektifitas Pembelajaran Daring Pasca Covid 19 Universitas Madako Tolitoli pada  tujuh indikator pembelajaran dikatakan efektif, yaitu: (1) pengorganisasian materi yang baik, (2) komunikasi yang efektif, (3) penguasaan dan antusiasme terhadap materi pelajaran, (4) sikap positif terhadap peserta didik, (5) pemberian nilai yang adil, (6) keluwesan dalam pendekatan pembelajaran, dan (7) hasil belajar peserta didik yang baik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Pada penelitian pembelajaran daring pasca covid 19  dari tuju indikator pembelajaran dalam universitas madako di simpulkan bahwa cukup efektif di lakukan pada proses pembelajaran daring.

References

Thityn Ayu dkk,( 2021) :’’ Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Luring dan Daring dalam Pencapaian Kompetensi Dasar Kurikulum Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah 2 Kabupaten Goro’’

Sy. Rohana (2020) :“Model Pembelajaran Daring Pasca Pandemi Covid 19” https://ejournal.staindirundeng.ac.id/

Aan Widiyono (2020) : “Efektifitas Perkuliahan Daring (Online) pada Mahasiswa PGSD di Saat Pandemi Covid 19” https://unimuda.e-journal.id/

Abdul Latip: Peran Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19

https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1956

Punaji Setyosari (2014) “Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualitas Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang”

Nurul Lailatul Khusniyah & Lukam Hakim (2019)” Efektifitas Pembelajaran Berbasis Daring: Sebuah Bukti Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Universitas Islam Negeri Mataram”

Ina Magdalena dkk (2020) “Pengelolaan Pembelajaran Daring Yang Efektif Selama Pandemi Di Sdn 1 Tanah Tinggi Universitas Muhammadiyah Tangerang”

Yossita Wisman (2017) “Komunikasi Efektif Dalam Dunia Pendidikan Universitas Palangka Raya Kalimantan Tengah”

Aan Widiyono (2020) “Efektifitas Perkuliahan Daring (Online) Pada Mahasiswa Pgsd Di Saat Pandemi Covid 19 Pgsd, Ftik, Unisnu Jepara”

Silvia Indah Sari, dkk (2021) “Efektivitas Pembelajaran Daring Dan Luring Di Smp Negeri 3 Pleret Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia”

Pendi Setyawan (2021) “Efektivitas Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Biologi Selama Pandemi Covid-19 Di Sma It Al Huda Wonogiri Smait Al Huda Wonogiri”

Nur Kholipah, dkk (2020) “Efektivitas Penggunaan E-Learning Dalam Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia”

Downloads

Published

2024-11-15

How to Cite

Ikbal, & C. Motoh, T. (2024). EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DARING PASCA COVID 19 DI UNIVERSITAS MADAKO TOLITOLI. Jurnal Teknologi Pendidikan Madako, 3(2), 9–30. Retrieved from https://ojs.fkip.umada.ac.id/index.php/jtpm/article/view/281