PERSPEKTIF MEDIA DIGITAL DI TINJAU KEMAMPUAN NUMERASI
Keywords:
Model Problem Based Learning (PBL), Hasil belajar, Upaya meningkatkan hasil belajarAbstract
Jenis penelitian Quasi Eksperimen dan model Problem Based Learning (PBL) digunakan dalam penelitian ini untuk membuat siswa lebih aktif dan terlibat dalam proses pembelajaran. Hasilnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Lembar observasi, pretest dan posttest, dan dokumentasi adalah alat yang digunakan. Hasil belajar pretest dan postest didasarkan pada nilai rata-rata individu pada pretest, sedangkan nilai rata-rata postest terdiri dari nilai kelompok dan individu. Selain itu, nilai pretest dan postest diperoleh dengan menggunakan program SPSS berdasarkan uji hipotesis: jika nilai t < 0.05, H0 diterima dan H1 ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah (PBL) tidak dapat meningkatkan hasil belajar
References
Afifah, N., Koniyo, M. H., & Latief, M. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Informatika SMK Negeri 1 Suwawa. Inverted: Journal of Information …, 3(1).
Ariani, L., Hermina, C., & Fikrie, F. (2023). Peningkatan perilaku prososial melalui Media : Studi Eksperimental. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3737–3744.
Asyafah, A. (2019). Menimbang model pembelajaran ( Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam ). Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19–32.
Barrows, H. S., & Tamblyn, R. M. (2020). Problem-based Learning: An Approach to Medical Education. Springer Publishing Company.
Dakhi, agustin sukses. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa. Jurnal Education and Development, 8(2), 468–470. Dewanto, S. A., Marpanaji, E., Mahali, M. I., Hasanah, N., & Wulandari, B. (2018). Penerapan Problem Based Learning untuk Higher Order Thinking Skills pada siswa pendidikan Teknik Informatika. ELINVO (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 3(1), 52–62.
Duch, B. J., Groh, S. E., & Allen, D. E. (2020). The Power of Problem-Based Learning: A Practical "How To" for Teaching Undergraduate Courses in Any Discipline. Stylus Publishing, LLC.
Fortuna Fardani, W. (2017). Penerapan model Problem Based Learning ( PBL ) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV.
Hmelo-Silver, C. E. (2020). Problem-Based Learning: What and How Do Students Learn? Educational Psychology Review, 32(2), 123-147.
Hotimah, H. (2020). Penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan kemampuan bercerita pada siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3), 5–11.
Kusmadi, Badrudin, I., Putra, B. L., & Cuntaka, W. E. (2021). Informatika Smk Kelas X. 244.
Kusumawati, I. T., Soebagyo, J., & Nuriadin, I. (2022). Studi kepustakaan kemampuan berpikir kritis dengan penerapan model PBL pada pendekatan Teori Konstruktivisme. JURNAL MathEdu, 5(1), 13–18.
Muhamad Afandi, evi chamalah, dan oktarina puspita wardani. (2013). Model dan metode pembelajaran (S. A. Press (ed.)). Unissula Press.
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Jurnal Homepage, 2(1), 659–663.
Pritandhari, M. (2016). Penerapan Komik Strip sebagai pembelajaran mata kuliah manajemen keuangan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Metro. JURNAL Pendidikan Ekonomi UM Metro, 4(2), 1–7.
Priyasudana, D., & Cholik, M. (2016). Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) pada mata pelajaran Mekanika Teknik untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Teknik Pemesinan SMK Negeri 3 Boyolangu, Tulungagung. Jurnal Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, 4(03), 34–42.
Puspiana, E. (2012). Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan berpikir kreatif siswa pada pokok bahasan pencemaran dan kerusakan lingkungan di kelas VII SMP Negeri 9 kota Cirebon. Skripsi, 1–20.
Rahmadani, R. (2019). Metode penerapan model pembelajaran Problem Based Learnig (PBL). Lantanida Journal, 7(1), 75–86.
Sasingan, M., & Wote, A. Y. V. (2022). Penggunaan Model Discovery Learning dalam meningkatkan hasil belajar IPA. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(1), 42–47.
Savery, J. R. (2020). Overview of Problem-based Learning: Definitions and Distinctions. Interdisciplinary Journal of Problem-based Learning, 14(1).
Syamsidah, & Suryani, H. (2018). Buku Model Peoblem Based Learning (PBL). Buku, 1–92.
Teniwut, C., & Marion Sumampouw, M. (2023). Penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk menungkatkan hasil belajar Informatika siswa kelas X TKJ SMK Negeri 5 Manado. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(3), 406–413.
Walukow, M. R., Tambingon, H. N., & Rotty, V. N. J. (2022). Pergeseran Paradigma Pembelajaran Informatika di Sekolah. Jurnal Pndidikan Dan Konseling, 4(5), 5411–5420.
Wisnubhadra, I., & Wijanto, M. C. (2021). Informatika dan Keterampilan Generik. 2(2), 34–38.
Yanuarti, A., & Sobandi, A. (2016). model pembelajaran quantum teaching ( Efforts to improve student learning through application of models of quantum learning teaching ). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 11–18.
Yew, E. H. J., & Goh, K. (2020). Problem-Based Learning: An Overview of its Process and Impact on Learning. Health Professions Education, 6(1), 9-16.
Zaduqisti, E. (2010). Problem-Based Learning (Konsep ideal model pembelajaran untuk peningkatan prestasi belajar dan motivasi berprestasi). Jurnal Edukasia Islamika, 8(2), 181–191.
Hasanah, N. B., & Kurniasih, M. D. (2022). Analisis Pendekatan Iceberg Melalui Video Pembelajaran untuk Mendukung Kemampuan Numerasi [Analysis of Iceberg’s Approach Through Learning Videos to Support Numerical Ability]. Jurnal Basicedu, 6(4), 6175–6181.
Sanvi, A. H., & Diana, H. A. (2022). Analisis Kemampuan Numerasi Pada Materi Matriks Ditinjau Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 129–145. https://doi.org/10.32938/jpm.v3i2.2021
Faridah, Nadia Risya, Eka Nur Afifah, and Siti Lailiyah. "Efektivitas model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan literasi numerasi dan literasi digital peserta didik Madrasah Ibtidaiyah." Jurnal Basicedu 6.1 (2022).
Jannah, Roikhanatul, and Rizka Nur Oktaviani. "Pengaruh penggunaan media augmented reality terhadap kemampuan literasi numerasi digital pada pembelajaran matematika materi penyajian data kelas V MI At-Taufiq." Jurnal Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains 7.2 (2022): 123-138