UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE TANYA JAWAB MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS V SDN 20 TOLITOLI

Authors

  • Sitti Nuralan Universitas Madako Tolitoli
  • Saugadi Universitas Madako Tolitoli
  • Fajar Bahari Universitas Madako Tolitoli

Keywords:

Metode Tanya Jawab, Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam

Abstract

Pada umumnya, permasalahan dalam penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran di SDN 20 Tolitoli khusunya mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada kelas V menunjukkan kegiatan pembelajaran yang belum optimal sehingga berpengaruh pada hasil belajar yang diperoleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode tanya jawab pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 20 Tolitoli. Atas dasar inilah peneliti terdorong untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan metode tanya jawab. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yaitu penelitian yang dilakukan di dalam kelas dan penelitian ini terdiri dari dua siklus. Berdasarkan observasi awal dapat di lihat bahwa nilai rata-rata siswa pada studi awal 67,95 atau 36,36% yang tuntas dan 63,63% tidak tuntas, kemudian peneliti melakukan tindakan dengan cara menerapkan metode tanya jawab untuk meningkatkan hasil belajar siswa dimana pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh 74,77 atau 59,09% yang tuntas dan 40,90% tidak tuntas, ini menunjukkan hasil yang belum maksimal sehingga peneliti melanjutkan ke siklus II dimana pada siklus II ini nilai rata-rata yang diperoleh siswa 77,5 atau 77,27% yang tuntas dan 22,72% tidak tuntas. Berdasarkan hasil yang di peroleh dari siklus II ini peneliti menyimpulkan bahwa hasil belajar siswa sudah maksimal atau sesuai dengan yang di inginkan oleh peneliti.

References

Ahmad, Tafsir Metodologi Pengajaran Agama Islam, (Bandung : Remaja Rosdakarya, 1996) Al-Abrasyi, M. Athiya, 1970. Dasar-dasar Pendidikan Islam, Cet.IV; Bulan Bintang, Jakarta. Djamaluddin AB. 1984. Sejarah Pendidikan Islam Nasional, Bagian Proyek Peningkatan

Mutu Pendidikan Agama, Jakarta. https://www.google.co.id/search?hl=id&ie=ISO-

-1&q=daftar+pustaka+pendidikan+agama+islam

Imam Basori Assuyuti, Bimbingan Shalat Lengkap, Mitra Umat, 1998. https://www.google.co.id/search?hl=id&ie=ISO-8859- 1&q=daftar+pustaka+Imam+Bashari+Assayuthi%2C=30

Sumantri & Johar. 1998. Staregi Belajar Mengajar. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

https://www.google.co.id/search?hl=id&ie=ISO-8859

&q=daftar+pustaka+metode+tanya+jawab

Wiriatmadja, R. (2006). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Zakiyah Drajat, dkk, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Bumi Aksara, 1992. https://www.google.co.id/m?&q=daftar+pustaka+pendidikan+agama+islam+ menurut+ zakiyah+drajat+%281989%3B87%29

Downloads

Published

2024-05-30

How to Cite

Nuralan, S., Saugadi, & Bahari, F. (2024). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE TANYA JAWAB MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS V SDN 20 TOLITOLI. Jurnal Teknologi Pendidikan Madako, 3(1), 25–30. Retrieved from https://ojs.fkip.umada.ac.id/index.php/jtpm/article/view/272