MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI PENERAPAN METODE DISKUSI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 23 TOLITOLI

Authors

  • Ikbal Universitas Madako Tolitoli
  • Hasia Marto Universitas Madako Tolitoli
  • Eni Wilsa Universitas Madako Tolitoli

Keywords:

Keterampilan berbicara, Metode diskusi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan berbicara melalui metode diskusi siswa kelas V SD Negeri 23 Tolitoli. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Kesulitan berbicara siswa menyebabkan siswa tidak aktif dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar, sehingga salah satu alternatif untuk melatih kemampuan berbicara siswa melalui metode diskusi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil pembelajaran siklus I siswa berdiskusi berdasarkan materi diskusi. Siswa tidak mengalami kendala dalam aspek kebahasaan (kosa kata/ungkapan dan struktur kalimat yang digunakan) dan aspek nonkebahasaan (keberanian, keramahan, dan sikap). Tindakan berdiskusi siklus II berdasarkan materi diskusi. Siklus II lebih difokuskan pada aspek kebahasaan (tekanan, ucapan, serta nada dan irama) dan aspek nonkebahasaan (kelancaran dan penguasaan materi) yang masih kurang. Pembelajaran keterampilan berbicara melalui metode diskusi berdasarkan meteri diskusi menunjukkan peningkatan keterampilan berbicara dengan peningkatan yaitu, (1) rata-rata nilai evaluasi siklus I sebesar 77,3 dengan persentase ketuntasan sebesar 52%, (2) rata-rata nilai evaluasi siklus II sebesar 81,74 dengan persentase ketuntasan 82%.

References

Anas Sudijono. (2010). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Ahmad Rofi‟uddin & Darmiyati Zuhdi. (1998/1999). Pendidikan Bahasa dan Sastra

Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta: Depdikbud Dirjen Pendidikan Tinggi.

Burhan Nurgiyantoro. (2012). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi.

Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Henry Guntur Tarigan. (2008). Berbicara sebagi Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Iskandarwassid & Dadang Sunendar. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Kundharu Saddhono & Slamet. (2012). Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia (Teori dan Aplikasi). Bandung: Karya Putra Darwati.

Mulyasa. (2012). Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mudini Salamat Purba. (2009). Pembelajaran Berbicara. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bahasa Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional.

Muammar. (2008). Pembelajaran Berbicara yang Terabaikan pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Jurnal Bahasa & Sastra dalam Berbagai Perspektif (Nomor 27 Tahun 2008) Hlm. 315-322

Muchlisoh. 1992. Materi Pokok Bahasa Indonesia 3. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Ngalim Purwanto. (2010). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sanjaya Yasin. (2011). Keterampilan Berbahasa ǀ Pengertian, Jenis. Diakses dari http://www.sarjanaku.com/2011/08/keterampilan-berbahasa.html

Satria. (2008). Pengertian Keterampilan dan Jenisnya. Diakses dari http://id.shvoong.com/business-management/human-resources/2197108pengertian- keterampilan-dan-jenisn

Subroto, Surya. 2002. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: PT. Ardi Mahatya.

Suharsimi Arikunto. (2007). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. . (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R& D. Bandung: Alfabeta.

Subana & Sunarti, 2005. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung. Pustaka Setia.

Tim Penyusun. (2011). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka Udin Saefudin Sa‟ud. (2010). Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Wijaya Kusumah & Dedi Dwitagama. (2012). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:

Indeks.

Wina Sanjaya. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.

Bandung: Kencan

Downloads

Published

2024-05-30

How to Cite

Ikbal, Marto, H., & Wilsa, E. (2024). MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI PENERAPAN METODE DISKUSI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 23 TOLITOLI. Jurnal Teknologi Pendidikan Madako, 3(1), 13–24. Retrieved from https://ojs.fkip.umada.ac.id/index.php/jtpm/article/view/271