PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI DI SDN 3 TINIGI

Authors

  • Arham Rahim Universitas Madako Tolitoli
  • Suchy Nadia Putri Universitas Madako Tolitoli
  • Aprilia Melinda Universitas Madako Tolitoli

Keywords:

Numerasi, Media Digital, Sekolah Dasar

Abstract

Kemampuan numerasi merupakan sebuah aset bagi siswa untuk mendapatkan solusi dalam kehidupan sehari - hari. Akan tetapi, dikarenakan kurangnya fasilitas sekolah dan metode pembelajaran yang digunakan adalah metode konvensional yang mana proses pembelajaran di dalam kelas lebih berpusat kepada guru sehingga hasil belajar siswa yang berkaitan dengan kemampuan numerasi khususnya pada mata pelajaran matematika cenderung lebih rendah. Dalam penelitian ini, media digital (Paint 3D, Youtube, Games berbasis Web) akan digunakan sebagai alat bantu dalam upaya meningkatkan kemampuan numerasi siswa SDN 3 Tinigi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa SDN 3 Tinigi dengan sampel penelitian adalah siswa kelas 5. Teknik penelitian yang dilaksanakan yaitu observasi, tes awal, pelaksanaan pembelajaran menggunakan media digital, wawancara dan tes akhir. Yang mana hasil tes awal akan dibandingkan dengan hasil tes akhir sebagai bahan untuk menarik kesimpulan bahwa media digital mampu meningkatkan hasil belajar siswa yang berbanding lurus dengan keaktifan siswa saat berlangsungnya proses pembelajaran di dalam kelas sesuai dengan hasil observasi dan wawancara.

References

Ambarwati, D., & Kurniasih, M. D. (2021). Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan Media Youtube Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2857–2868. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.829

Hasanah, N. B., & Kurniasih, M. D. (2022). Analisis Pendekatan Iceberg Melalui Video Pembelajaran untuk Mendukung Kemampuan Numerasi [Analysis of Iceberg’s Approach Through Learning Videos to Support Numerical Ability]. Jurnal Basicedu, 6(4), 6175–6181.

Sanvi, A. H., & Diana, H. A. (2022). Analisis Kemampuan Numerasi Pada Materi Matriks Ditinjau Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 129–145. https://doi.org/10.32938/jpm.v3i2.2021

Faridah, Nadia Risya, Eka Nur Afifah, and Siti Lailiyah. "Efektivitas model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan literasi numerasi dan literasi digital peserta didik Madrasah Ibtidaiyah." Jurnal Basicedu 6.1 (2022).

Jannah, Roikhanatul, and Rizka Nur Oktaviani. "Pengaruh penggunaan media augmented reality terhadap kemampuan literasi numerasi digital pada pembelajaran matematika materi penyajian data kelas V MI At-Taufiq." Jurnal Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains 7.2 (2022): 123-138.

Downloads

Published

2024-05-30

How to Cite

Rahim, A., Nadia Putri, S., & Melinda, A. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI DI SDN 3 TINIGI. Jurnal Teknologi Pendidikan Madako, 3(1), 1–6. Retrieved from https://ojs.fkip.umada.ac.id/index.php/jtpm/article/view/270