MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL DI SDN 1 TOLITOLI
Keywords:
Media Visual, Hasil belajar IPAAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Media Visual dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas III SDN 1 Tolitoli. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (class room action research) yang pelaksanaannya terdapat dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi atau evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 1 Tolitoli yang berjumlah 18 orang dengan rincian laki-laki 10 orang dan perempuan 8 orang. Data aktivitas siswa dikumpulkan menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan Media Visual ternyata dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas III SDN 1 Tolitoli. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa dengan nilai rata- rata kelas pada siklus I yaitu 68,38% dan pada siklus II menjadi 82,77%. Persentase ketuntasan pada siklus I yaitu 56% dan siklus II 89%, sehingga pada siklus II terdapat 75% siswa mencapai KKM 75.
References
ArsyaD Azhar, 1997, Media Pembelajaran, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Arikunto, Suharsimi. 2002, Prosedur Penelitian, Jakarta : Rineka Cipta
Gearlach dan Ely, D.P. 1997. Teaching and Media .Englewood Cliff : Prentice - Hall Hamalik Oemar, 1994, Media Pendidikan. (cetakan ke- 7), Banadung : Penerbit PT. Citra
Aditya Bakti.
Hardoko, Martin.1995, Motivasi Daya Penggerak Tingkah laku, Yogyakarta : Kanisius Nasution, S, 2000, Didakti Asas-Asas Mengajar, Jakarta : Bumi aksara
Sadiman, A. S. Raharjo 1986. Media Pendidikan : Pengertian, Pengembangan, dan
pemanfaatan. Jakarta : PT Raja Grafindo persada
Sudjana and Rivai, 1990, Media Pengajaran. Bandung : Penerbit C.V.Sinar baru Bandung Sudjana, Nana, 2001, Penelitian Dan Penilaian Pendidikan, Bogor, : Sinar Baru Algensindo