KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS SISWA KELAS XI-2 OTKP SMK NEGERI I MANADO
Keywords:
Penulis teks prosedur kompleks, siswa XI-2 OTKP SMKAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur kompleks siswa kelas XI-2 OTKP SMK Negeri 1 Manado tahun pelajaran 2020/2021. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas XI-2 OTKP SMK Negeri 1 Manado yang berjumlah 15 siswa. Model penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur pelaksanaan tindakan dan implementasi tindakan di lokasi penelitian terbagi dalam dua siklus. Tiap-tiap siklus dilakukan sebanyak dua kali pertemuan. Penelitian ini difokuskan pada permasalahan yang berkaitan dengan peningkatan kemampuan menulis teks prosedur Data diperoleh melalui (1) angket, (2) catatan lapangan, dan (3) dokumentasi yang berupa tugas-tugas siswa dan foto kegiatan selama penelitian. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik deskripsi kualitatif. Kriteria keberhasilan yang dicapai siswa dalam penelitian ini dilihat dari adanya perubahan ke arah yang lebih baik dan meningkatnya tindak belajar serta hasil dalam praktik menulis teks prosedur kompleks. Keberhasilan ini dilihat dari dua kriteria yaitu keberhasilan proses dan produk. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. Pertama mampu meningkatkan taraf proses pembelajaran menulis teks prosedur kompleks. Adanya peningkatan proses di aspek situasi belajar, fokus siswa, dan keaktifan, menjadikan perubahan positif sehingga menjadikan pembelajaran menulis teks prosedur lebih memikat dan memuaskan. Kedua, pembelajaran menulis teks prosedur dengan meningkatkan hasil kemampuan menulis teks prosedur. Hal ini terlihat dari skor rata-rata keterampilan menulis teks prosedur sebelum diberi tindakan adalah 51,13% sedangkan setelah diberi tindakan siklus II skor rata-rata menjadi 92,30%. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan sebesar 41,17%. Secara keseluruhan pada akhir siklus II semua aspek dan kriteria menulis teks prosedur mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Berdasarkan hasil penelitian di atas, diketahui bahwa siswa berhasil dalam meningkatkan kemapuan menulis teks prosedur kompleks siswa kelas XI-2 OTKP SMK Negeri 1 Manado
References
Akhadiah, Sabarti dkk., 1994. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Gie, The Liang, 1992. Pengantar Dunia Karang Mengarang. Yogyakarta: Liberty.
Hernowo, 2002. Mengikat Makna. Bandung: Kaifa.
Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Keraf, Gorys, 2010. Teks Prosedur Kompleks. Jakarta: Gramedia.
Pusat Kurikulum Jakarta. 2014. Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik. Untuk SMA/SMK Kelas XI Semester I.
Nurgiyantoro, Burhan, 2008. Penilaian Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.
Semi M. Atar, 1990. Menulis Efektif. Padang: Angkasa Raya Padang.
Slamet St. Y. 2007. Dasar-dasar Keterampilan Berbahasa Indonesia. Surakarta Universitas Sebelas Maret Press.
Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Suparno dan Mohamad Yunus, 2008. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.
Tarigan, H.G, 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAN Kelas XI. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Kosasih, E. 2014. Jenis-jenis Teks (Analisis Fungsi, Stuktur, dan Kaidah serta Langkah Penulisannya). Bandung: Yrama Widya.
Mahsun, 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Rajawali Pers.
Priyatni, Endah Tri dan Titik Harsiati. 2013. Bahasa dan Sastra Indonesia SMA/MA Kelas X. Jakarta: Bumi Aksara