RELASI PERHATIAN ORANG TUA: FAKTOR DETERMINAN PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PKn SISWA SD NEGERI 4 TAMBUN

Authors

  • Hamna Universitas Madako Tolitoli
  • Abrar Universitas Madako Tolitoli
  • Muh. Khaerul Universitas Madako Tolitoli

Keywords:

Perhatian Orang Tua, Prestasi Belajar, PKn

Abstract

Penelitian ini menelusuri keterhubungan antara perhatian orang tua dengan prestasi belajar siswa sekolah dasar pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam pembahasan ini adalah siswa SD Negeri 4 Tambun, Kab. Tolitoli yang berjumlah 56 siswa. Adapun yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 21 orang. Sampel ini diambil dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, interview dan kuisioner. Teknik analisis data adalah Korelasi Product Moment. Pertama, secara umum orang tua atau wali siswa sangat perhatian terhadap belajar anaknya yang dibuktikan dengan nilai rata-rata perhatian orang tua sebesar 81,55%. Kedua, prestasi belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 4 Tambun rata-rata baik hal itu disebabkan karena adanya perhatian orang tua, dengan nilai rata-rata pada rapor semester ganjil 95,23% yang berada pada skor 0,80 – 1,000 dengan kategori sangat kuat atau sangat tinggi. Ketiga, terdapat hubungan atau korelasi positif (korelasi yang berjalan searah) antara perhatian orang tua dan prestasi belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 4 Tambun. Hal ini dibuktikan dengan memperhatikan besarnya rxy yaitu 1,000 yang artinya korelasi antara variabel X (perhatian orang tua) dan variabel Y(prestasi belajar) sangat kuat atau sangat tinggi.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Balan, S., Katenga, J. E., & Simon, A. (2019). Reading Habits and Their Influence on Academic Achievement among Students at Asia Pacific International University, Thailand.

Proceedings International Scholars Conference, 7(1), 1469–1495.

BK, M. K. U., & Hamna. (2023). Implementasi Model PAKEMI Integrasi Blanded Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sains IPAS Siswa di Sekolah Dasar. Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian, 5(1), 44–52.

https://ojs.umada.ac.id/index.php/Tolis_Ilmiah/article/view/329

Diana, R. R., Chirzin, M., Bashori, K., Suud, F. M., & Khairunnisa, N. Z. (2021). Parental Engagement on Children Character Education: the Influences of Positive Parenting and Agreeableness Mediated By Religiosity. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 40(2), 428–444. https://doi.org/10.21831/cp.v40i2.39477

Fitri, A. Z., & Haryanti, N. (2020). METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN: Kuantitatif, Kualitatif, Mixed Method, dan Research and Development. Madani Media.

Maria, R., Rifma, & Syahril. (2021). Efektivitas Pembelajaran dan Pembinaan Karakter di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4).

Mustakim, Nuralan, S., & Damayanti, R. (2020). Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SDN 84 Kota Tengah. NUSANTARA: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 1(1), 6–9. https://ojs.umada.ac.id/index.php/nusantara_umada/article/view/101

Nuralan, S., BK, M. K. U., & Haslinda. (2022). Analisi Gaya Belajar Siswa Berprestasi Kelas V di SD Negeri 5 Tolitoli. Jurnal Pendekar PGSD: Pengembangan Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2), 13–24. https://ojs.fkip.umada.ac.id/index.php/pendekar/article/view/4/2

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia. JURNALBASICEDU, 6(2), 2099–2104.

Rudini, M., & Melinda. (2020). MOTIVASI ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN SISWA SDN SANDANA (STUDI PADA KELUARGA NELAYAN DUSUN NELAYAN). Tolis Ilmiah:Jurnal Penelitian, 2(2), 122–131. https://ojs.umada.ac.id/index.php/Tolis_Ilmiah/article/view/124

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R & D. ALFABETA.

Ulfasari, N., & Fauziah, P. Y. (2021). Pendampingan Orang Tua pada Pendidikan Anak di Masa Pandemi Covid-19 Berdasarkan Profesi Orang Tua. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan

Anak Usia Dini, 6(2), 935–944. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1119

Utomo, J. (2021). Analisis Kesadaran Masyarakat Pulau Lingayan Terhadap Pendidikan. Journal of Educational Review and ..., 4(2), 117–122.

https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JERR/article/view/2957

Yanti, Y. E., Muslihasari, A., & Cholifah, T. N. (2021). Analisis Bimbingan Orangtua dan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Jurnal

Bidang Pendidikan Dasar, 5(2), 155–162. https://doi.org/10.21067/jbpd.v5i2.5754 Zakariah, M. A., Afriani, V., & Zakariah, K. H. M. (2020). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF, KUANTITATIF, ACTION RESEARCH, RESEARCH AND DEVELOPMENT (R n D). Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka.

Downloads

Published

2023-07-05

How to Cite

Hamna, H., Muhammad Abrar, A., & Ummah BK, M. K. (2023). RELASI PERHATIAN ORANG TUA: FAKTOR DETERMINAN PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PKn SISWA SD NEGERI 4 TAMBUN. Jurnal Teknologi Pendidikan Madako, 2(1), 32–42. Retrieved from https://ojs.fkip.umada.ac.id/index.php/jtpm/article/view/191