ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS III SDN PANYAPU
Keywords:
Kesulitan belajar, Matematika, Sekolah dasarAbstract
Kualitas manusia yang baik akan menciptakan Negara dengan kualitas yang baik pula. Undang–undang No. 20, Tahun 2003 pasal 3 menyebutkan Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradapan bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa tetapi kesulitan belajar yang di alami siswa dalam proses pembelajaran memiliki pengaruh yang besar terhadap prestasi atau hasil belajar yang dicapai, sehingga pada umumnya semua siswa yang memperoleh prestasi atau hasil belajar rendah merupakan siswa yang berkesulitan belajar oleh sebab itu peneliti akan menganalisis kesulitan belajar matematika pada siswa kelas III SDN Panyapu Kecamatan Dako Pemean. Penelitian ini dilakukan dengan mengunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian yang dijadikan sebagai sumber data dalam penelitian ini diantaranya Siswa kelas III yang menjadi subjek penelitian ialah 2 orang siswa yang mengalami kesulitan belajar. Penelitaian ini menyimpulkan dimana siswa mengalami kesulitan dalam bahasa atau maksud soal, kesulitan dalam memahami konsep, kesulitan dalam memahani simbol dan kesulitan dalam perhitungan. Selaian itu faktor yang menyebabkan siswa kesulitan belajar matematika adalah kondisi tubuh dan mental, kecerdasan siswa yang rendah, sikap belajar yang kurang memperhatikan, minat siswa terhadap pembelajaran yang rendah, motivasi belajar yang rendah dan kebiasaan siswa saat belajar.
References
Abin Syamsuddin Makmun. 2009. PSIKOLOGI PENDIDIKAN Perangkat Sistem Pengajaran Modul. Bandung : PT REMAJA ROSDAKARYA.
Abu Ahmadi dan Widodo Supriyono. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta : PT Rineka Cipta Anonim. 2003. UNDANG-UNDANG SISDUKNAS (SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL)
(UU RI No. 20 Th. 2003). Jakarta: Sinar Grafika
Balai Pustaka 2005: Kamus Besar Bahasa Indonesia.
BSE. 2008. Cerdas berhitung matematika. Jakarta: Aneka Ilmu
Dalyono, M. 2009. PSIKOLOGI PENDIDIKAN. Jakarta : PT RINEKA CIPTA.
Desmita. 2012. Psikologi perkembangan peserta didik. Bandung: Remaja Rosdakarya
Furqon, Lailul “Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 8 Malang pada
Pokok Bahasan Lingkaran dan Pengajaran Remidialnya”, Malang:Program Strata 1
Universitas Negeri Malang, 2007
Jamaris, 2014. Kesulitan Belajar Prespektif, Asesmen, dan Penanggulangannya. Bogor: Ghalia
Indonesia
J. Tombokan Runtukahu & Selpius Kandau. 2014. Pembelajaran matematika dasar bagi anak
kesulitan belajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Lisnawati Simanjuntak, dkk 1993. METODE MENGAJAR MATEMATIKA, Jakarta : PT
RINEKA CIPTA.
Maryani, Sumirah “Kesulitan Belajar Matematika dan Remidial Teaching pada Peserta Didik
MIM Kranggan Manisrenggo Klaten”, Klaten:Program Strata 1 Universitas Islam
Indonesia, 2009
Matthew B. Miles dan A. Michael Huberman. 2009. ANALISIS DATA KUALITATIF. Jakarta:
UI-PREES.
Moleong, Lexy J. 2012. Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Mulyadi 2010. Sistem Akutansi. Jakatra: Salemba Empat
Rangkuti, 2009. Strategi Promosi Yang Kreatif & Analisis Kasus Integrated Marketing
Communication. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
Runtukahu dan Kandou. 2014. Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Sugihartono, et. all. 2012. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : UNY Press.
Sugiyono. 2013. METODE PENELITIAN PENDIDIKAN Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,
dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumadi Suryabrata, 2005. PSIKOLOGI PENDIDIKAN. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada. Juianto, Bambang “Pengaruh Bimbingan Belajar terhadap Pengatasan kesulitan Belajar
Matematika pada Siswa Kelas IV SD Mangkang Kulon 01” Semarang: Program Strata 1 Universitas Negeri Semarang, 2006