VARIASI GAYA MENGAJAR GURU PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB NEGERI TOLITOLI

Authors

  • Sitti Universitas Madako Tolitoli
  • Wilanda Universitas Madako Tolitoli

Keywords:

Variasi Gaya Mengajar, Anak Berkebutuhan Khusus

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Variasi Gaya Mengajar Guru Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di SLB Negeri Tolitoli. Jenis penilitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilaksanakan di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Tolitoli. Subjek penelitian ini adalah guru kelas dan siswa kelas IV C1, teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu mengunakan instrument lembar observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan mereduksi, penyajian, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini tentang Variasi Gaya Mengajar Guru Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di SLB Negeri Tolitoli dilihat dari pelaksanaannya telah tercapai dan terlaksana dengan baik indikator pelaksanaannya dimana guru telah melaksanakan Variasi suara (Teacher Voice); Pemusatan perhatian siswa (Focusing); Kesenyapan (Teacher Silence); Mengadakan kontak pandang dan gerak (Eye Contact and Movement); Gerakan badan mimic (Teacher Movement); dan Pergantian posisi guru ( Teacher Inovoment) dengan demikian Variasi Gaya Mengajar Guru Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di SLB Negeri Tolitoli terlaksana dengan baik. Serta faktor pendukungnya yaitu fasilitas perlengkapan dasar pembelajaran dan kompetensi guru dalam mengajar serta faktor penghambat yaitu kurang kondusifnya suasana kegiatan proses pembelajaran dikarenakan sekolah terletak dekat dengan jalur ramai lalulintas dan juga kurang termotivasinya orangtua untuk mengahadirkan anaknnya bersekolah

References

BK, M. K. U., & Hamna. (2021). The Effectiveness of Jigsaw Learning Model by Using Numbered Cards: Strategy for Increasing Mathematics Learning Motivation Students in Elementary School. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 4(1), 1–18. https://doi.org/https://doi.org/10.24256/pijies.v4i1.1765

BK, M. K. U., & Hamna. (2022). Strategi Pembentukan Karakter Islami Siswa Sekolah Dasar di Masa Transisi Covid-19 Menuju Aktivitas New Normal. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 6(2), 135–148. https://doi.org/https://doi.org/10.21067/jbpd.v6i2.6866

Hamna, & BK, M. K. U. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa. Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, XII(1), 62–73. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/556

Hamna, & BK, M. K. U. (2021). Implementation of Lesson Study Based Collaborative Learning : Analysis of Improving Science Learning Achievement of Elementary School Students during Pandemic Covid-19. 4(3), 233–244. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/ijeca.v4i3.5763

Hamna, & BK, M. K. U. (2022a). Dilematism: Principal’s Managerial Strategies in Realizing the Covid-19 Vaccination Program in Elementary School. Jurnal Madako Education, 8(1), 70–79. https://ojs.umada.ac.id/index.php/jme/article/view/214/201

Hamna, H., & BK, M. K. U. (2022b). Science Literacy in Elementary Schools : A Comparative Study of Flipped Learning and Hybrid Learning Models. Profesi Pendidikan Dasar, 9(2), 132–147. https://doi.org/10.23917/ppd.v9i2.19667

Hamna, H., & Windar, W. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Kurikulum 2013 di Masa Pandemi Covid-19. Pengembangan Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1), 1–12.

Ikbal. (2022). KONTROL SOSIAL PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP ANAK PADA MASYARAKAT DUSUN MALEMPA. Tolis Ilmiah; Jurnal Penelitian, 4(1), 26–30. https://ojs.umada.ac.id/index.php/Tolis_Ilmiah/article/view/209/203

Marwiyah, S., Alauddin, & BK, M. K. U. (2018). Perencanaan Pembelajaran Kontemporer berbasis Penerapan Kurikulum 2013. Deepublish (CV. Budi Utama). https://www.google.co.id/books/edition/Perencanaan_Pembelajaran_Kontemporer_Ber/V09mDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=perencanaan+pembelajaran+kontemporer+berbasis&printsec=frontcover

Mustakim, & Linda, N. (2022). Analisis Penerapan Kurikulum 2013 Ditinjau dari Preofesionalisme Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Pendekar PGSD: Pengembangan Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1), 44–52. https://ojs.fkip.umada.ac.id/index.php/pendekar/article/view/8/6

Mustakim, Nuralan, S., & Damayanti, R. (2020). Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SDN 84 Kota Tengah. NUSANTARA: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 1(1), 6–9. https://ojs.umada.ac.id/index.php/nusantara_umada/article/view/101

Nuralan, Siti. (2022). TEACHER ANALYSIS IN MATHEMATICS LEARNING. JURNAL 12 WAIHERU, 8(1), 76–85. https://12waiheru.kemenag.go.id/index.php/journal/article/view/2/9

Nuralan, Sitti, BK, M. K. U., & Haslinda. (2022). Analisi Gaya Belajar Siswa Berprestasi Kelas V di SD Negeri 5 Tolitoli. Jurnal Pendekar PGSD: Pengembangan Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2), 13–24. https://ojs.fkip.umada.ac.id/index.php/pendekar/article/view/4/2

Rahim, A., Kurniawan, M., & Kusrini. (2020). Machine Learning Based Decision Support System for Determining the Priority of Covid-19 Patients. 2020 3rd International Conference on Information and Communications Technology, ICOIACT 2020, 319–324. https://doi.org/10.1109/ICOIACT50329.2020.9332000

Rahim Arham. (2022). Evaluasi Esai Otomatis dengan Algoritma Nazief & Adriani dan Winnowing. 4(1), 51–63. https://ojs.umada.ac.id/index.php/Tolis_Ilmiah/article/view/212

Resa, M., Yudianto, A., Rahim, A., & Utami, E. (2019). Analisis Aspek Kualitas Skema Basis Data (Studi Kasus Pada Aplikasi LaundryPOS) Database Schema Quality Aspect Analysis (Case Study in LaundryPOS Application). Informasi , 8(1), 39–46. https://doi.org/https://doi.org/10.36774/jusiti.v8i1.599

Rudini, M., & Agustina, A. (2021). Analisis Motivasi Siswa dalam Mengerjakan Tugas Rumah Di SMA Al-Mannan Tolitoli. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 770–780. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.496

Rudini, M., & Khasanah, A. (2022). Implementasi Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Partisipasi Aktif Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendekar PGSD: Pengembangan Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1), 33–43. https://ojs.fkip.umada.ac.id/index.php/pendekar/article/view/7/5

Rudini, M., & Melinda. (2020). MOTIVASI ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN SISWA SDN SANDANA (STUDI PADA KELUARGA NELAYAN DUSUN NELAYAN). Tolis Ilmiah:Jurnal Penelitian, 2(2), 122–131. https://ojs.umada.ac.id/index.php/Tolis_Ilmiah/article/view/124

Rudini, M., & Saputra, A. (2022). Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis TIK Masa Pandemi Covid-19. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2), 841. https://doi.org/10.37905/aksara.8.2.841-852.2022

Utamajaya, J. N., Manullang, S. O., Mursidi, A., Noviandari, H., & BK, M. K. U. (2020). Investigating the Teaching Models, Strategies and Technological Innovations for Classroom Learning after School Reopening. Palarch’s Journal Of Archaeology Of Egypt/Egyptology, 17(Vol. 17 No. 7 (2020): PalArch’s Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology), 13141–13150. https://archives.palarch.nl/index.php/jae/article/view/5063

Utomo, J. (2017). Analisis efektivitas pelaksanaan program adiwiyata di SMA Negeri 4 Pontianak. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 8(1), 23–41. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/j-psh.v8i1.22053

Utomo, J. (2022). POTRET LINGKUNGAN BELAJAR INDOOR DAN OUTDOOR DI SMA NEGERI 2 TOLITOLI. TOLIS ILMIAH: JURNAL PENELITIAN, 4(1), 8–16. https://ojs.umada.ac.id/index.php/Tolis_Ilmiah/article/view/207

Utomo, J., & Burhan. (2021). ANALISIS PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS MADAKO TOLITOLI. Journal of Elementary School (JOES), 4(1), 91–98. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/joes.v4i1.2302 ANALISIS

Utomo, J., & Ibadurrahman, I. (2022). Optimization of Facilities and Infrastructure Management in Improving the Quality of Learning. Jurnal Tarbiyah, 1(1), 28–34. https://doi.org/10.30829/tar.v28i1.905

Utomo, J., & Purwaningsih. (2022). Pembelajaran Berbasis Komputer Model Tutorial di Sekolah Dasar. Jurnal Pendekar PGSD: Pengembangan Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1), 25–32. https://ojs.fkip.umada.ac.id/index.php/pendekar/article/view/6/4

Downloads

Published

2022-11-18

How to Cite

Iswariati, S., & Wilanda. (2022). VARIASI GAYA MENGAJAR GURU PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB NEGERI TOLITOLI. Jurnal Teknologi Pendidikan Madako, 1(1), 54–65. Retrieved from https://ojs.fkip.umada.ac.id/index.php/jtpm/article/view/19