PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTRUKTIVIKTIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI CAHAYA DAN SIFAT- SIFATNYA PADA SISWA KELAS V SDN 23 TOLITOLI
Keywords:
Konstruktivistik, Hasil belajar, IpaAbstract
Penerapan Model Pembelajaran Konstruktivistik Untuk Meningkatkan Hasil Belajara Ipa Siswa Kelas V SDN 23 Tolitoli Materi Cahaya Dan Sifat-Sifatnya. Pembimbing I Bapak Abd.Muluk dan Pembimbing II Ibu Murni G.Lembah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Konstruktivistik siswa kelas V SD Negeri 23 Tolitoli. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 23 Tolitoli yang berjumlah 25 siswa. Objek penelitian adalah hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perbaikan yang telah dilakukan pada siklus pertama sampai dengan siklus kedua sudah menunjukkan peningkatan aktivitas guru menjadi lebih baik. Peningkatan ditunjukkan dengan hasil belajar pada siklus I sampai dengan siklus II. (1) rata-rata nilai evaluasi siklus I sebesar 66,6 dengan persentase ketuntasan sebesar 52%, (2) rata-rata nilai evaluasi siklus II sebesar 73,6 dengan persentase ketuntasan 84%
References
Dimyanti dan Mujino. 1994. Belajar dn Pembelajaran, Jakarta: Rineka cipta.
Djamarah,S.B. Dan Zain, A. 2000. Guru dan Anak Didik dalam interaksi Edukatif, jakarta:
Renika Cipta.
Eanes, R. 1997. Content area Literacy: Teaching for today and tomorrow. New! York, NY: Delmar Publishers.
Nur, Muhammad. 2001. Pendekatan Konstruktivistik. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA.
Nurhayati. 2010. Upaya meningkatkan prestasi belajar siswa menulis slogan (BI) dan penggolongan mahluk (IPA) menggunakan metode konstruktivistik siswa kelas V SDN 05 Prigi Mataram Tahun pelajaran 2010/2011.
Nuryantono. 2004. Upaya Peningkatan pembelajaran Kalimat Aktif Dan Pasif Pada Siswa Kelas IA SLTP Negeri Driyore Pendekatan Konstruktivistik.
Surabaya: UNESA
Ratumanan Gerson T. 2002. Belajar dan Pembelajaran. University.
Segala, S. 2007. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV. Alfabeta.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. Jajarta : Rineka Cipta. Sudjana. N. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Surya. M. 1997. Pergeseran Pradigma Pendidikan Menyongsong Abad ke-21, Jurnal
Pendidikan Mimbar Pendidikan, XVII Pres. IKAPI.
Suyatno. 2004. Teknik Pembelajaran Bahasa Dan Sastra. Surabaya: SIC. Tompkins, Gaile E. 1994. Teching Writing: Balancing Proses and Product. New York: Macmilan College Publishing Company.
Winkel. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedi Widiasara Indonesia