MODEL PENERAPAN TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN 1 TOLITOLI

Authors

  • Theopilus Universitas Madako Tolitoli
  • Munafri Universitas Madako Tolitoli

Keywords:

Hasil Belajar IPA, Kooperatif Tipe Jigsaw

Abstract

Peranan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di SDN 1 Tolitoli. Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Madako. Theopilus C. Motoh selaku pembimbing I dan Fariha selaku pembimbing II. Penelitian yang berjudul Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar Pada Mata Pelajaran IPA dikelas III SDN 1 TOLITOLI. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana model penerapan kooperatif tipe jigsaw dan bagaimana peningkatan hasil belajar . Subjek penelitian ini berjumlah 27 siswa yang terdiri dari 11 siswa perempuan dan 16 siswa lakilaki. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, yang terdiri atas perencanaan , pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diambil adalah data kualitatif yaitu data yang diperoleh dari hasil observasi guru dan siswa, Serta data kuantitatif yaitu data hasil belajar siswa. Hasil penelitian pada siklus 1 diperoleh Ketuntasan belajar KlaSIKAL 77,78%. Hasil belajar siswa pada silkus II diperoleh ketuntasan belajar klasikal meningkat ,menjadi 92,59% Ketuntasan klasikal yang didapatkan pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan penelitian, yaitu 80% Maka dapat disimpulksn bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dikelas III SDN 1 TOLITOLI

References

Arikunto. Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Untuk Guru, Kepala sekolah dan Pengawas. Jogjakarta: Aditia Media Pendidikan Kewarganegaraan SD–SMP-SMA.Jakarta Bambang Syaiful Rohman, Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan

Kewarganegaraan dengan Model Pembelajaran Jigsaw pada Siswa Kelas IV di MI

Mifatahul

Depdiknas. Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Dian Hidayatul Ummah, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV di MI Podorejo Sumbergempo lT

ulungagun. (Tulugagung:Skripsi TidakDiterbitkan,)

FitaNuraisiyah, Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk

Meningkatkan Prestasi Belajar matemati kadi SDIAl–Azhaar Tulungagung”.

(Tulungagung : SkripsiTidakDiterbitkan,)

Huda Dono Sendang Tulungagung. (Tulungagung: Skripsi Tidak Diterbitkan,)

Nur Kholifah, Penerapan Pembelajaran Model Jigsawdalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas 3 di MI Negeri Kunir Wono dadi Blitar Tahun Ajaran 2010/2011. (Tulungagung: Skripsi Tidak Diterbitkan,)

Sudjana Nana. 2012 . Cara Belajar Siswa Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung . Sinar Baru

Sumarsono,dkk.2002. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Raja Grafmdo Tentang Standar nasional pendidikan

Downloads

Published

2023-07-05

How to Cite

C. Motoh, T., & M. Paerah, M. (2023). MODEL PENERAPAN TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN 1 TOLITOLI. Jurnal Teknologi Pendidikan Madako, 2(1), 13–19. Retrieved from https://ojs.fkip.umada.ac.id/index.php/jtpm/article/view/188