PENERAPAN METODE BELAJAR KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SDN 2 DUNGINGIS KECAMATAN DAKO PAMEAN

Authors

  • Arham Universitas Madako Tolitoli
  • Sarti Universitas Madako Tolitoli

Keywords:

Metode Belajar Kelompok, Hasil Belajar, Pelajaran IPS

Abstract

Penerapan Metode Belajar Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V SDN 2 Dungingis Kecamatan Dako Pamean. Pembimbing I: Alimudin Kuewa. Pembimbing II: Sitti Iswariati. Permasalahan dalam penelitian ini adalah metode mengajar yang selama ini dirasakan kurang cocok untuk menyampaikan materi ceramah sehingga upaya untuk dapat melibatkan siswa dalam kegiatan belajar mengajar IPS masih kurang. Perhatian orang tua siswa terhadap sekolah khususnya orang tua siswa Kelas V SDN 2 Dungingis dirasakan kurang. Akibat kurang perhatian orang tua siswa ini ditunjukkan dengan banyaknya siswa yang tidak mengerjakan pekerjaan rumah" dari mata pelajaran yang ada, lebih-lebih terhadap mata pelajaran IPS yang memang "budaya belajar" siswa terhadap mata pelajaran ini sangat rendah Jenis penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas yaitu penelitian yang dilakukan di kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar kelompok siswa untuk semua indikator yang yang ada berkriteria tinggi untuk semua kelompok siswa, artinya selalu ada peningkatan aktivitas belajar pada setiap siklusnya, dengan demikian kebiasaan guru menerapkan metode pembelajaran sangat berpengaruh pada aktivitas belajar siswa yang pada akhirnya juga dapat meningkatkan hasil belajarnya. ada peningkatan hasil belajar pada siklus 1 dan 2, pada siklus 1 siswa yang tidak tuntas belajar berjumlah 4 orang atau 33,33%, sedangkan pada siklus 2 semua siswa tuntas belajarnya. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa siswa yang tidak tuntas belajarnya semakin sedikit dari siklus 1 ke siklus 2. Untuk persentase ketuntasan belajar antara siklus 1 dan siklus 2 juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus 1 sebanyak 8 orang siswa yang tuntas belajarnya atau 66,67% menjadi 12 orang siswa atau 100.00% pada siklus 2. Aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran kelompok selalu mengalami peningkatan pada setiap siklusnya yaitu kriteria sedang dan rendah pada pengamatan pendahuluan maupun siklus 1 untuk semua kelompok meningkat menjadi kriteria tinggi untuk semua kelompok pada siklus 2. Penerapan pembelajaran kelompok pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SDN 2 Dungingis. Pada siklus 1 sebanyak 66,67% siswa tuntas belajar meningkat menjadi 100.00% pada siklus 2 berdasarkan KKM yang ditetapkan.

References

Djoko Suradisastra, dkk. 1993.Pendidikan IPS. Jakarta: Depdikbud

Djamara, 2001. Problematika Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta : Bumi Aksara. Depdikbud. 1994. GBPP Kurikulum Pendidikan Dasar. Jakarta:Depdikbud.

Hamalik, Oemar. 1993. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: 2001. Proses Belajar Mengajar.

Jakarta: Bumi Aksara

Marker, G. dan Mehlinger.H. 1992. “Social Studies”. Handbook of Research on Curriculum,

p. 830-851.

Purwanto, E. 2008. Strategi Pembelajaran Bidang Studi Geografi. Malang:Universitas Negeri

Malang

S. Mulyani, P. Johar. 1999. Strategi Belajar Mengajar. Dep. P dan K.: Dirjen. Dikti. Sudjana, Nana. 2005. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru

Downloads

Published

2023-07-05

How to Cite

Rahim, A., & Sarti, S. (2023). PENERAPAN METODE BELAJAR KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SDN 2 DUNGINGIS KECAMATAN DAKO PAMEAN. Jurnal Teknologi Pendidikan Madako, 2(1), 6–12. Retrieved from https://ojs.fkip.umada.ac.id/index.php/jtpm/article/view/187