IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PROSES DI SMP NEGERI 5 TOLITOLI
Keywords:
implementasi, kurikulum 2013, proses pembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui implementasi kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran.di SMP Negeri 5 Tolitoli; (2) mengetahui faktor pendorong dan penghambat implementasi kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran di SMP Negeri 5 Tolitoli. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dimana dalam menggumpulkan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa gaya belajar siswa berprestasi di SMP Negeri 5 Tolitoli dapat terlaksana dengan baik melalui 3 indikator yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, meski tidak tidak terlepas dari adanya faktor pendorong dan penghambat di SMP Negeri 5 Tolitoli.
References
Budiman Aviv (2015). Implementasi Kurikulum 2013 di SMA Ma’arif Salam. Universitas Negeri Yogyakarta.
Darmaningtays. (2013). Kendala Implementasi Kurikulum 2013.
Hamalik, O (2006). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hardianti Sitti (2017). Implementasi kurikulum 2013 pada proses pembelajaran oleh guru mata
pelajaran fisika tingkat SMAN di kabupaten Bone. UIN Alauddin Makassar.
Harsono Hanifah (2002). Implementasi Kebijakan dan Politik. Bandung: PT Mutiara Sumber
Widya
Moleong, Lexy. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya, Bandung. Muhammedi dan Salim Majtahidan (2018). Penerapan Kurikulum 2013 Revisi 2018 Dalam
Peningkatkan Prestasi Belajar Siswa (Studi Multi Situs Di SMP Raden Fatah Batu Dan
MTS. Ihyaul Ulum Dukun Gresik). Vol 4. No 1.
Mclaughin dan Syafriyanto (2015). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Berwawasan Rekontruksi Sosial. Vol 6.
Nasution dan Amin Solekhul (2013). Tinjau Keunggulan Dan Kelemahan Penerapan
Kurikulum 2013 Tingkat SD/MI. Vol 5. No 2.
Sugiyono.(2006). Statisktika Untuk Penelitian, CV. Alfabeta, Bandung.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung. Sholeh Hidsayat, (2013). Pengembangan Kuriukulum Baru. Bandung: PT. remaja Rosdakarya. Setiawan Guntur (2004). Implementasi Dalam Birokrasi Pembangunan. Bandung:Renaja
Rosdakarya)
Usman Nurdin (2002). Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Bandung:CV Sinar Baru. Uno B. Hamzah. (2008). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran . Jakarta:Kencana). Undang-Undang Nomor 20 (2003). Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta:Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan.