PELAKSANAAN ASESMEN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER (ANBK) DI SMP NEGERI 3 TOLITOLI

Authors

  • Arham Universitas Madako Tolitoli
  • Lupita Universitas Madako Tolitoli

Keywords:

Pelaksanaan Asesmen Nasional, Berbasis Komputer

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Bagaimana pelakasanaan asesmen nasional berbasis komputer ANBK di SMP Negeri 3 tolitoli serta kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan ANBK di SMP Negeri 3 tolitoli. Jenis penilitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilaksanakan di SMP Negeri 3 tolitoli. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dn panitia pelaksana ANBK, teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu mengunakan instrument lembar observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan mereduksi, penyajian, penarikan kesimpulan dan keabsahan data. Hasil penelitian ini tentang pelakasanaan asesmen nasional berbasis komputer ANBK di SMP Negeri 3 tolitoli serta kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan ANBK di SMP Negeri 3 Tolitolidilihat dari analisis data penelitian baik dari observasi, wawancara dan dokumentasi menunjukan bahwa pelaksanaan ANBK di SMP Negeri 3 Tolitoli telah terlaksana tanpa adanya kendala dengan indikator pelaksanaan selurunya terlaksana yaitu ruangan AN untuk peserta didik, pengawas, proktor, dan teknisi, tugas pengawas, tugas proktor, tugas teknisi, dantata tertib pengawas, proktor, dan teknisi yang terlaksana susuai langka-langka

References

Abroto, A., Maemonah, M., & Ayu, N. P. (2021). Pengaruh Metode Blended Learning dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1993–2000. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.703

Arif Yudianto, M. R., Agustin, T., Morgan James, R., Imannisa Rahma, F., Rahim, A., & Utami, E. (2021). Rainfall Forecasting to Recommend Crops Varieties Using Moving Average and Naive Bayes Methods. International Journal of Modern Education and Computer Science, 13(3), 23–33. https://doi.org/10.5815/ijmecs.2021.03.03

Bishop, J. L., & Verleger, M. A. (2013). The Flipped Classroom: A Survey of the Research. ATLANTA: 120th ASEE Conference & Exposition, 1–18. https://www.asee.org/public/conferences/20/papers/6219/download

BK, M. K. U., & Hamna. (2021). The Effectiveness of Jigsaw Learning Model by Using Numbered Cards: Strategy for Increasing Mathematics Learning Motivation Students in Elementary School. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 4(1), 1–18. https://doi.org/https://doi.org/10.24256/pijies.v4i1.1765

BK, M. K. U., & Hamna. (2022). Strategi Pembentukan Karakter Islami Siswa Sekolah Dasar di Masa Transisi Covid-19 Menuju Aktivitas New Normal. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 6(2), 135–148. https://doi.org/https://doi.org/10.21067/jbpd.v6i2.6866

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/89

Gumilar, E. B. (2021). Penerapan Flipped Classroom Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematis pada Mahasiswa STAI Muhammadiyah Blora. Jornal Ilmiah Peadagogy, 14(2), 56–67. http://jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/95/87

Hamna, & BK, M. K. U. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa. Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, XII(1), 62–73. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/556

Hamna, & BK, M. K. U. (2021). Implementation of Lesson Study Based Collaborative Learning : Analysis of Improving Science Learning Achievement of Elementary School Students during Pandemic Covid-19. 4(3), 233–244. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/ijeca.v4i3.5763

Hamna, & BK, M. K. U. (2022a). Dilematism: Principal’s Managerial Strategies in Realizing the Covid-19 Vaccination Program in Elementary School. Jurnal Madako Education, 8(1), 70–79. https://ojs.umada.ac.id/index.php/jme/article/view/214/201

Hamna, H., & BK, M. K. U. (2022b). Science Literacy in Elementary Schools : A Comparative Study of Flipped Learning and Hybrid Learning Models. Profesi Pendidikan Dasar, 9(2), 132–147. https://doi.org/10.23917/ppd.v9i2.19667

Hamna, H., & Windar, W. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Kurikulum 2013 di Masa Pandemi Covid-19. Pengembangan Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1), 1–12.

Ikbal. (2022). KONTROL SOSIAL PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP ANAK PADA MASYARAKAT DUSUN MALEMPA. Tolis Ilmiah; Jurnal Penelitian, 4(1), 26–30. https://ojs.umada.ac.id/index.php/Tolis_Ilmiah/article/view/209/203

Marwiyah, S., Alauddin, & BK, M. K. U. (2018). Perencanaan Pembelajaran Kontemporer berbasis Penerapan Kurikulum 2013. Deepublish (CV. Budi Utama). https://www.google.co.id/books/edition/Perencanaan_Pembelajaran_Kontemporer_Ber/V09mDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=perencanaan+pembelajaran+kontemporer+berbasis&printsec=frontcover

Mustakim, & Linda, N. (2022). Analisis Penerapan Kurikulum 2013 Ditinjau dari Preofesionalisme Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Pendekar PGSD: Pengembangan Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1), 44–52. https://ojs.fkip.umada.ac.id/index.php/pendekar/article/view/8/6

Mustakim, Nuralan, S., & Damayanti, R. (2020). Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SDN 84 Kota Tengah. NUSANTARA: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 1(1), 6–9. https://ojs.umada.ac.id/index.php/nusantara_umada/article/view/101

Nuralan, Siti. (2022). TEACHER ANALYSIS IN MATHEMATICS LEARNING. JURNAL 12 WAIHERU, 8(1), 76–85. https://12waiheru.kemenag.go.id/index.php/journal/article/view/2/9

Nuralan, Sitti, BK, M. K. U., & Haslinda. (2022). Analisi Gaya Belajar Siswa Berprestasi Kelas V di SD Negeri 5 Tolitoli. Jurnal Pendekar PGSD: Pengembangan Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2), 13–24. https://ojs.fkip.umada.ac.id/index.php/pendekar/article/view/4/2

Rahim Arham. (2022). Evaluasi Esai Otomatis dengan Algoritma Nazief & Adriani dan Winnowing. 4(1), 51–63. https://ojs.umada.ac.id/index.php/Tolis_Ilmiah/article/view/212

Resa, M., Yudianto, A., Rahim, A., & Utami, E. (2019). Analisis Aspek Kualitas Skema Basis Data (Studi Kasus Pada Aplikasi LaundryPOS) Database Schema Quality Aspect Analysis (Case Study in LaundryPOS Application). Informasi , 8(1), 39–46. https://doi.org/https://doi.org/10.36774/jusiti.v8i1.599

Rudini, M. (2019). EFEKTIVITAS ANALISIS BUTIR SOAL MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV DALAM MENINGKATKAN KUALITAS GURU DI SDN SABANG. Tolis Ilmiah; Jurnal Penelitian, 1(2), 17–27. https://ojs.umada.ac.id/index.php/Tolis_Ilmiah/article/view/90

Rudini, M., & Agustina, A. (2021). Analisis Motivasi Siswa dalam Mengerjakan Tugas Rumah Di SMA Al-Mannan Tolitoli. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 770–780. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.496

Rudini, M., & Khasanah, A. (2022). Implementasi Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Partisipasi Aktif Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendekar PGSD: Pengembangan Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1), 33–43. https://ojs.fkip.umada.ac.id/index.php/pendekar/article/view/7/5

Utamajaya, J. N., Manullang, S. O., Mursidi, A., Noviandari, H., & BK, M. K. U. (2020). Investigating the Teaching Models, Strategies and Technological Innovations for Classroom Learning after School Reopening. Palarch’s Journal Of Archaeology Of Egypt/Egyptology, 17(Vol. 17 No. 7 (2020): PalArch’s Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology), 13141–13150. https://archives.palarch.nl/index.php/jae/article/view/5063

Utomo, J. (2017). Analisis efektivitas pelaksanaan program adiwiyata di SMA Negeri 4 Pontianak. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 8(1), 23–41. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/j-psh.v8i1.22053

Utomo, J. (2021). Analisis Kesadaran Masyarakat Pulau Lingayan Terhadap Pendidikan. Journal of Educational Review and …, 4(2), 117–122. https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JERR/article/view/2957

Utomo, J., & Burhan. (2021). ANALISIS PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS MADAKO TOLITOLI. Journal of Elementary School (JOES), 4(1), 91–98. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/joes.v4i1.2302 ANALISIS

Utomo, J., & Ibadurrahman, I. (2022). Optimization of Facilities and Infrastructure Management in Improving the Quality of Learning. Jurnal Tarbiyah, 1(1), 28–34. https://doi.org/10.30829/tar.v28i1.905

Utomo, J., & Purwaningsih. (2022). Pembelajaran Berbasis Komputer Model Tutorial di Sekolah Dasar. Jurnal Pendekar PGSD: Pengembangan Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1), 25–32. https://ojs.fkip.umada.ac.id/index.php/pendekar/article/view/6/4

https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JERR/article/view/2957

Utomo, J., & Burhan. (2021). ANALISIS PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS MADAKO TOLITOLI. Journal of Elementary School (JOES), 4(1), 91–98. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/joes.v4i1.2302 ANALISIS

Utomo, J., & Ibadurrahman, I. (2022). Optimization of Facilities and Infrastructure Management in Improving the Quality of Learning. Jurnal Tarbiyah, 1(1), 28–34. https://doi.org/10.30829/tar.v28i1.905

Utomo, J., & Purwaningsih. (2022). Pembelajaran Berbasis Komputer Model Tutorial di Sekolah Dasar. Jurnal Pendekar PGSD: Pengembangan Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1), 25–32. https://ojs.fkip.umada.ac.id/index.php/pendekar/article/view/6/4

Downloads

Published

2022-11-18

How to Cite

Rahim, A., & Rusman, L. (2022). PELAKSANAAN ASESMEN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER (ANBK) DI SMP NEGERI 3 TOLITOLI. Jurnal Teknologi Pendidikan Madako, 1(1), 33–40. Retrieved from https://ojs.fkip.umada.ac.id/index.php/jtpm/article/view/17