ANALISIS PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS DI SMA NEGERI 1 TOLITOLI

Authors

  • Nuralan Universitas Madako Tolitoli
  • Ikhsan Universitas Madako Tolitoli

Keywords:

Analisis Pembelajaran, Tatap Muka, Terbatas

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana analisis pembelajaran tatap muka terbatas di SMA Negeri 1 Tolitoli serta dampat negatif dan positif Pembelajaran Tatap Muka Terbtas di SMA Negeri 1 Tolitoli. Jenis penilitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tolitoli. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu mengunakan instrument lembar observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan mereduksi, penyajian, penarikan kesimpulan dan keabsahan data. Hasil penelitian ini tentang analisis pembelajaran tatap muka terbatas bahwa satuan pendidik SMA Negeri 1 Tolitoli telah melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas atau PTM terbatas sesuai dengan suart edara dari kementrian pendidikan dan kebudayaan dengan demikian kesimpulan pada penelitian ini adalah analisis pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas di SMA Negeri 1 Tolitoli terlaksana dengan baik.

References

BK, M. K. U., & Hamna. (2021). The Effectiveness of Jigsaw Learning Model by Using Numbered Cards: Strategy for Increasing Mathematics Learning Motivation Students in Elementary School. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 4(1), 1–18. https://doi.org/https://doi.org/10.24256/pijies.v4i1.1765

BK, M. K. U., & Hamna. (2022). Strategi Pembentukan Karakter Islami Siswa Sekolah Dasar di Masa Transisi Covid-19 Menuju Aktivitas New Normal. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 6(2), 135–148. https://doi.org/https://doi.org/10.21067/jbpd.v6i2.6866

Fausan, M. M., Susilo, H., Gofur, A., Sueb, S., & Yusop, F. D. (2021). The Scientific Literacy Performance of Gifted Young Scientist Candidates in the Digital Age. Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 40(2), 467–479. https://doi.org/doi:10.21831/cp.v40i2.39434

Gumilar, E. B. (2021). Penerapan Flipped Classroom Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematis pada Mahasiswa STAI Muhammadiyah Blora. Jornal Ilmiah Peadagogy, 14(2), 56–67. http://jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/95/87

Hamna, & BK, M. K. U. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa. Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, XII(1), 62–73. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/556

Hamna, & BK, M. K. U. (2021). Implementation of Lesson Study Based Collaborative Learning : Analysis of Improving Science Learning Achievement of Elementary School Students during Pandemic Covid-19. 4(3), 233–244. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/ijeca.v4i3.5763

Hamna, & BK, M. K. U. (2022a). Dilematism: Principal’s Managerial Strategies in Realizing the Covid-19 Vaccination Program in Elementary School. Jurnal Madako Education, 8(1), 70–79. https://ojs.umada.ac.id/index.php/jme/article/view/214/201

Hamna, H., & BK, M. K. U. (2022b). Science Literacy in Elementary Schools : A Comparative Study of Flipped Learning and Hybrid Learning Models. Profesi Pendidikan Dasar, 9(2), 132–147. https://doi.org/10.23917/ppd.v9i2.19667

Hamna, H., & Windar, W. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Kurikulum 2013 di Masa Pandemi Covid-19. Pengembangan Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1), 1–12.

Ikbal. (2022). KONTROL SOSIAL PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP ANAK PADA MASYARAKAT DUSUN MALEMPA. Tolis Ilmiah; Jurnal Penelitian, 4(1), 26–30. https://ojs.umada.ac.id/index.php/Tolis_Ilmiah/article/view/209/203

Marwiyah, S., Alauddin, & BK, M. K. U. (2018). Perencanaan Pembelajaran Kontemporer berbasis Penerapan Kurikulum 2013. Deepublish (CV. Budi Utama). https://www.google.co.id/books/edition/Perencanaan_Pembelajaran_Kontemporer_Ber/V09mDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=perencanaan+pembelajaran+kontemporer+berbasis&printsec=frontcover

Mustakim, & Linda, N. (2022). Analisis Penerapan Kurikulum 2013 Ditinjau dari Preofesionalisme Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Pendekar PGSD: Pengembangan Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1), 44–52. https://ojs.fkip.umada.ac.id/index.php/pendekar/article/view/8/6

Mustakim, Nuralan, S., & Damayanti, R. (2020). Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SDN 84 Kota Tengah. NUSANTARA: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 1(1), 6–9. https://ojs.umada.ac.id/index.php/nusantara_umada/article/view/101

Nuralan, Siti. (2022). TEACHER ANALYSIS IN MATHEMATICS LEARNING. JURNAL 12 WAIHERU, 8(1), 76–85. https://12waiheru.kemenag.go.id/index.php/journal/article/view/2/9

Nuralan, Sitti, BK, M. K. U., & Haslinda. (2022). Analisi Gaya Belajar Siswa Berprestasi Kelas V di SD Negeri 5 Tolitoli. Jurnal Pendekar PGSD: Pengembangan Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2), 13–24. https://ojs.fkip.umada.ac.id/index.php/pendekar/article/view/4/2

Rahim, A., Kurniawan, M., & Kusrini. (2020). Machine Learning Based Decision Support System for Determining the Priority of Covid-19 Patients. 2020 3rd International Conference on Information and Communications Technology, ICOIACT 2020, 319–324. https://doi.org/10.1109/ICOIACT50329.2020.9332000

Rahim Arham. (2022). Evaluasi Esai Otomatis dengan Algoritma Nazief & Adriani dan Winnowing. 4(1), 51–63. https://ojs.umada.ac.id/index.php/Tolis_Ilmiah/article/view/212

Resa, M., Yudianto, A., Rahim, A., & Utami, E. (2019). Analisis Aspek Kualitas Skema Basis Data (Studi Kasus Pada Aplikasi LaundryPOS) Database Schema Quality Aspect Analysis (Case Study in LaundryPOS Application). Informasi , 8(1), 39–46. https://doi.org/https://doi.org/10.36774/jusiti.v8i1.599

Rudini, M. (2019). EFEKTIVITAS ANALISIS BUTIR SOAL MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV DALAM MENINGKATKAN KUALITAS GURU DI SDN SABANG. Tolis Ilmiah; Jurnal Penelitian, 1(2), 17–27. https://ojs.umada.ac.id/index.php/Tolis_Ilmiah/article/view/90

Rudini, M., & Agustina, A. (2021). Analisis Motivasi Siswa dalam Mengerjakan Tugas Rumah Di SMA Al-Mannan Tolitoli. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 770–780. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.496

Rudini, M., & Khasanah, A. (2022). Implementasi Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Partisipasi Aktif Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendekar PGSD: Pengembangan Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1), 33–43. https://ojs.fkip.umada.ac.id/index.php/pendekar/article/view/7/5

Utamajaya, J. N., Manullang, S. O., Mursidi, A., Noviandari, H., & BK, M. K. U. (2020). Investigating the Teaching Models, Strategies and Technological Innovations for Classroom Learning after School Reopening. Palarch’s Journal Of Archaeology Of Egypt/Egyptology, 17(Vol. 17 No. 7 (2020): PalArch’s Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology), 13141–13150. https://archives.palarch.nl/index.php/jae/article/view/5063

Utomo, J. (2022). POTRET LINGKUNGAN BELAJAR INDOOR DAN OUTDOOR DI SMA NEGERI 2 TOLITOLI. TOLIS ILMIAH: JURNAL PENELITIAN, 4(1), 8–16. https://ojs.umada.ac.id/index.php/Tolis_Ilmiah/article/view/207

Utomo, J., & Burhan. (2021). ANALISIS PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS MADAKO TOLITOLI. Journal of Elementary School (JOES), 4(1), 91–98. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/joes.v4i1.2302 ANALISIS

Utomo, J., & Ibadurrahman, I. (2022). Optimization of Facilities and Infrastructure Management in Improving the Quality of Learning. Jurnal Tarbiyah, 1(1), 28–34. https://doi.org/10.30829/tar.v28i1.905

Utomo, J., & Purwaningsih. (2022). Pembelajaran Berbasis Komputer Model Tutorial di Sekolah Dasar. Jurnal Pendekar PGSD: Pengembangan Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1), 25–32. https://ojs.fkip.umada.ac.id/index.php/pendekar/article/view/6/4

Downloads

Published

2022-11-18

How to Cite

Nuralan, S., & Ikhsan. (2022). ANALISIS PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS DI SMA NEGERI 1 TOLITOLI. Jurnal Teknologi Pendidikan Madako, 1(1), 25–32. Retrieved from https://ojs.fkip.umada.ac.id/index.php/jtpm/article/view/16