EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INFORMATIKA DI SMK NEGERI 1 TOLITOLI

Authors

  • Hasia Universitas Madako Tolitoli
  • Yulianti Universitas Madako Tolitoli

Keywords:

Efektivitas, Media Pembelajaran, Informatika

Abstract

Efektivitas Penggunaan media Pembelajaran Informatika di SMK Negeri 1 Tolitoli. Jenis penilitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Tolitoli. Subjek penelitian ini adalah guru bidang studi informatika dan siswa- siswa kelas X manajemen perkantoran dan layanan bisnis, teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu mengunakan instrument lembar observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan mereduksi, penyajian, penarikan kesimpulan dan keabsahan data. Hasil penelitian ini tentang efektivitas Penggunaan media Pembelajaran Informatika di SMK Negeri 1 Tolitoli. Hasil ketercapaian pelaksanaan penelitian ini telah tercapai dan terlaksana sesuai dengan indikator efektitas penggunaan media pembelajaran yaitu relevansi, kemampuan guru, kemudahan penggunaan, ketersediaan dan kebermanfaatan dimana berdasarkan indikator tersebut dapat disimpulkan bahwa efektivitas penggunaan media pembelajaran informatika di SMK Negeri 1 Tolitoli sudah efektif dalam penggunaannya.

References

Arif Yudianto, M. R., Agustin, T., Morgan James, R., Imannisa Rahma, F., Rahim, A., & Utami, E. (2021). Rainfall Forecasting to Recommend Crops Varieties Using Moving Average and Naive Bayes Methods. International Journal of Modern Education and Computer Science, 13(3), 23–33. https://doi.org/10.5815/ijmecs.2021.03.03

BK, M. K. U., & Hamna. (2021). The Effectiveness of Jigsaw Learning Model by Using Numbered Cards: Strategy for Increasing Mathematics Learning Motivation Students in Elementary School. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 4(1), 1–18. https://doi.org/https://doi.org/10.24256/pijies.v4i1.1765

BK, M. K. U., & Hamna. (2022). Strategi Pembentukan Karakter Islami Siswa Sekolah Dasar di Masa Transisi Covid-19 Menuju Aktivitas New Normal. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 6(2), 135–148. https://doi.org/https://doi.org/10.21067/jbpd.v6i2.6866

Hamna, & BK, M. K. U. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa. Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, XII(1), 62–73. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/556

Hamna, & BK, M. K. U. (2021). Implementation of Lesson Study Based Collaborative Learning : Analysis of Improving Science Learning Achievement of Elementary School Students during Pandemic Covid-19. 4(3), 233–244. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/ijeca.v4i3.5763

Hamna, & BK, M. K. U. (2022a). Dilematism: Principal’s Managerial Strategies in Realizing the Covid-19 Vaccination Program in Elementary School. Jurnal Madako Education, 8(1), 70–79. https://ojs.umada.ac.id/index.php/jme/article/view/214/201

Hamna, H., & BK, M. K. U. (2022b). Science Literacy in Elementary Schools : A Comparative Study of Flipped Learning and Hybrid Learning Models. Profesi Pendidikan Dasar, 9(2), 132–147. https://doi.org/10.23917/ppd.v9i2.19667

Hamna, & Windar. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum 2013 di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendekar PGSD: Pengembangan Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1), 1–12. https://ojs.fkip.umada.ac.id/index.php/pendekar/article/view/3/1

Ikbal. (2022). KONTROL SOSIAL PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP ANAK PADA MASYARAKAT DUSUN MALEMPA. Tolis Ilmiah; Jurnal Penelitian, 4(1), 26–30. https://ojs.umada.ac.id/index.php/Tolis_Ilmiah/article/view/209/203

Marwiyah, S., Alauddin, & BK, M. K. U. (2018). Perencanaan Pembelajaran Kontemporer berbasis Penerapan Kurikulum 2013. Deepublish (CV. Budi Utama). https://www.google.co.id/books/edition/Perencanaan_Pembelajaran_Kontemporer_Ber/V09mDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=perencanaan+pembelajaran+kontemporer+berbasis&printsec=frontcover

Mustakim, & Linda, N. (2022). Analisis Penerapan Kurikulum 2013 Ditinjau dari Preofesionalisme Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Pendekar PGSD: Pengembangan Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1), 44–52. https://ojs.fkip.umada.ac.id/index.php/pendekar/article/view/8/6

Mustakim, Nuralan, S., & Damayanti, R. (2020). Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SDN 84 Kota Tengah. NUSANTARA: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 1(1), 6–9. https://ojs.umada.ac.id/index.php/nusantara_umada/article/view/101

Nuralan, Siti. (2022). TEACHER ANALYSIS IN MATHEMATICS LEARNING. JURNAL 12 WAIHERU, 8(1), 76–85. https://12waiheru.kemenag.go.id/index.php/journal/article/view/2/9

Nuralan, Sitti, BK, M. K. U., & Haslinda. (2022). Analisi Gaya Belajar Siswa Berprestasi Kelas V di SD Negeri 5 Tolitoli. Jurnal Pendekar PGSD: Pengembangan Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2), 13–24. https://ojs.fkip.umada.ac.id/index.php/pendekar/article/view/4/2

Rahim, A., Kurniawan, M., & Kusrini. (2020). Machine Learning Based Decision Support System for Determining the Priority of Covid-19 Patients. 2020 3rd International Conference on Information and Communications Technology, ICOIACT 2020, 319–324. https://doi.org/10.1109/ICOIACT50329.2020.9332000

Rahim Arham. (2022). Evaluasi Esai Otomatis dengan Algoritma Nazief & Adriani dan Winnowing. 4(1), 51–63. https://ojs.umada.ac.id/index.php/Tolis_Ilmiah/article/view/212

Resa, M., Yudianto, A., Rahim, A., & Utami, E. (2019). Analisis Aspek Kualitas Skema Basis Data (Studi Kasus Pada Aplikasi LaundryPOS) Database Schema Quality Aspect Analysis (Case Study in LaundryPOS Application). Informasi , 8(1), 39–46. https://doi.org/https://doi.org/10.36774/jusiti.v8i1.599

Rudini, M., & Agustina, A. (2021). Analisis Motivasi Siswa dalam Mengerjakan Tugas Rumah Di SMA Al-Mannan Tolitoli. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 770–780. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.496

Rudini, M., & Khasanah, A. (2022). Implementasi Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Partisipasi Aktif Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendekar PGSD: Pengembangan Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1), 33–43. https://ojs.fkip.umada.ac.id/index.php/pendekar/article/view/7/5

Rudini, M., & Saputra, A. (2022). Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis TIK Masa Pandemi Covid-19. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2), 841. https://doi.org/10.37905/aksara.8.2.841-852.2022

Utamajaya, J. N., Manullang, S. O., Mursidi, A., Noviandari, H., & BK, M. K. U. (2020). Investigating the Teaching Models, Strategies and Technological Innovations for Classroom Learning after School Reopening. Palarch’s Journal Of Archaeology Of Egypt/Egyptology, 17(Vol. 17 No. 7 (2020): PalArch’s Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology), 13141–13150. https://archives.palarch.nl/index.php/jae/article/view/5063

Utomo, J. (2017). Analisis efektivitas pelaksanaan program adiwiyata di SMA Negeri 4 Pontianak. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 8(1), 23–41. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/j-psh.v8i1.22053

Utomo, J. (2021). Analisis Kesadaran Masyarakat Pulau Lingayan Terhadap Pendidikan. Journal of Educational Review and …, 4(2), 117–122. https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JERR/article/view/2957

Utomo, J. (2022). POTRET LINGKUNGAN BELAJAR INDOOR DAN OUTDOOR DI SMA NEGERI 2 TOLITOLI. TOLIS ILMIAH: JURNAL PENELITIAN, 4(1), 8–16. https://ojs.umada.ac.id/index.php/Tolis_Ilmiah/article/view/207

Utomo, J., & Purwaningsih. (2022). Pembelajaran Berbasis Komputer Model Tutorial di Sekolah Dasar. Jurnal Pendekar PGSD: Pengembangan Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1), 25–32. https://ojs.fkip.umada.ac.id/index.php/pendekar/article/view/6/4

Downloads

Published

2022-11-18

How to Cite

Marto, H., & Yulianti. (2022). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INFORMATIKA DI SMK NEGERI 1 TOLITOLI. Jurnal Teknologi Pendidikan Madako, 1(1), 18–24. Retrieved from https://ojs.fkip.umada.ac.id/index.php/jtpm/article/view/15